Peranan dan Fungsi ICT Terhadap Masyarakat

ICT kepanjangan dari Information and Communication Technologies biasa disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah salah satu media yang digunakan oleh berbagai bidang dalam menyimpan dan mengakses serta menyebar luaskan informasi secara mudah.

Peranan ICT pada masyarakat :

  1. Peranan dalam bidang bisnis

ICT berperan dalam dunia bisnis sebagai pendukung para pelaku usaha dalam memproses bisnisnya. Dengan adanya teknologi informai dan komunikasi menjadikan mereka lebih mudah mengelola bisnisnya.

Misalkan untuk mengakses laporan mereka tidak harus membuka lembaran – lembaran kertas yang menumpuk dimeja, cukup membuka komputer dan program yang ada tanpa harus menunggu lama.

Selain itu, mereka dimudahkan juga dalam proses bertransaksi keuangan, misalkan untu membayar gaji karyawan mereka tak harus pergi ke bank untuk mentrasfer 1/1 ke rekeningnya, melinkan cukup menggunakan E-Banking mereka sudah bisa bertransaksi.

  1. Peranan dalam bidang pendidikan

ICT berperan juga dalam proses pembelajaran seorang siswa. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi baik disekolah maupun dirumah sangat membantu proses pembelajaran siswa dan memudahkan mereka mencerna materi yang diajarkan.

Selain itu, mereka dengan mudah mengakses materi secara online tanpa harus bertatap muka ketika ada pembelajaran secara online (E-Learning).

  1. Peranan dalam bidan kesehatan

ICT berperan penting dalam dunia medis yang dapat membantu mulai dari proses konsultasi, penentuan sebuah penyakit bahakan proses penyembuhan.

Misalkan ketika seseorang sedang mengalami sakit, mereka tak harus bertatap muka dengan dokter, mereka cukup berkonsultasi secara online, selain waktu lebih efisien juga menekan biaya konsultasi yang mahal.

Ada juga kartu cerdas (smart Card) yang bisa mendeteksi sebuah riwayat penyakit yang diderita seseorang.

  1. Peranan dalam pemerintahan

ICT juga berperan sangat penting dalam dunia pemerintahan yang penerapannya dikenal dengan sebutan E-Government.

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat lebih efisien.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu masyarakat juga dapat dengan mudah mengakses informasi – informasi yang diberikan oleh pemerintah. Disisi lain, penerapan TIK memudahkan kerja pemerintah dalam berbagai bidang.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *