Peranan dan Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia

Peranan dan Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia –  Tubuh manusia memerlukan asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup agar kesehatannya tetap terjaga. Apabila manusia memiliki tubuh yang sehat maka segala aktivitas yang dimilikinya akan mampu dikerjakan dengan baik.

Untitled

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut berupa vitamin dan mineral yang dapat ditemukan pada beragam makanan. Salah satu nutrisi yang penting tersebut adalah protein.

Protein merupakan senyawa organic yang terdiri dari gabungan beberapa zat. Protein juga disebut sebagai senyawa asam amino yang memiliki peran besar dalam metabolisme tubuh. hal tersebut karena protein dapat berperan sebagai enzim yang mampu mempercepat reaksi biologis.

Selain itu berdasarkan penelitian protein merupakan salah satu sumber energi yang baik untuk mendukung tubuh dalam kehidupan sehari- sehari dan sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Diet memang menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan penampilan yang dilakukan oleh banyak orang terutama bagi kaum wanita. Memang berat tubuh yang tidak ideal menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya kegemukan. Jadi, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tersebut kamu akan tetap mengdapatkan energi namun tidakkhawatir dengan berat tubuh yang bertambah.

Selain itu sebenarnya masih banyak manfaat lain dari protein yang sangat penting bagi tubuh. beberapa manfaat tersebut antara lain :

  1. Protein sebagai pembentuk antibodi yang mampu menahan dan melawan penyakit yang ada didalam tubuh
  2. Protein sebagai senyawa yang mampu mempercepat regenerasi kulit
  3. Protein sebagai penghancur dan penetral zat-zat asing yang masuk kedalam tubuh
  4. Protein sebagai senyawa yang membantu dalam pembentukan otot sehingga sangat baik bagi pertumbuhan manusia terutama anak- anak
  5. Protein sebagai zat yang terdapat didalam hemoglobin yang mampu membentuk sel darah merah dan mengangkut oksigenyang ada didalam tubuh tersebut

Protein sebenarnya banyak terdapat didalam makanan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari. Sumber nutrisi protein tersebut terbagi menjadi dua yaitu sumber protein hewani dan sumber protein nabati. Keduanya memiliki peran atau manfaat yang sama baiknya bagi tubuh.

Sumber protein hewani tersebut dapat kamu temukan pada daging ayam atau asapi, telur, susu, dan ikan. Sedangkan makanan yang menjadi sumber protein nabati biasanya terdapat pada sayuran kacang panjang, tahu, dan tempe.

Semua makanan- makanan tersebut sangatlah mudah untuk didapatkan bukan? Selain itu makanan- makanan tersebut bernilai ekonomis. Jadi, kamu tidak perlu mencari suplemen protein yang memiliki harga mahal sedangkan sumber protein dapat kita temukan pada makanan yang sederhana namun bernilai tinggi.

Oleh sebab itu karena fungsi protein yang sangat banyak dan baik tersebut mari kita mulai mencukupi kebutuhan protein tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan- makanan tersebut.

Baca Juga :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *