Peranan hukum dalam komunikasi

Hukum memiliki peranan penting dalam komunikasi, peranan tersebut di kenal dengan sebutan 5 Hukum Komunikatif yang efektif atau di singkat dengan REACH yang memiliki arti meraih atau merengkuh.

REACH haruslah di sikapi atau dijalankan secara saling seimbang, aren jika salah satu saja tidak, maka tidak akan berjalan dengan baik.

n 87

1. Respect

Kepedulian terhadap setiap individu dalam mengembangkan komunikasi dengan cara saling menghormati dan menghargai setiap pendapat yang disampaikan. Pada prinsipnya, setiap orang ingin di hargai dan di anggap penting, jadi terimalah setiap orang lain menyampaikan sebuah pesan padamu.

Namun, jika anda terpaksa melakukan kritik atau memarahi kesalahannya lakukanlah dengan penuh peduli terhadap mereka. Dengan sikap tersebut maka anda telah membangun kerja sama untuk menghasilkan sinergi yang memperbaiki atau meningkatkan kinerja dalam diri anda atau tim anda.

2. Empathy

Bersikap empati menjadikan anda mampu bersikap menempatkan diri dalam berbagai situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada anda atau orang lain. Syaratnya adalah menjadikan diri anda untuk menjadi pendengar dan mau mengerti keadaan orang lain dibandingkan orang lain mengerti atau mendengarkan anda dulu.

Dengan adanya sikap yang seperti itu dapat membangun keterbukaan dan kepercayaan sehingga dapat menjalin hubungan atau kerja sama dengan baik.

3. Audible

Setelah anda menjadi seorang pendengar yang baik, maka anda juga dituntut untuk menyampaikan Sea pesan atau pendapat anda. Tetapi semua pesan atau pendapat tersebut harus mudah dimengerti dengan baik oleh si penerima dalam keadaan seperti apapun.

4. Clarity

Anda sudah dapat menyampaikan pesan dengan baik, maka anda juga harus bisa menyampaikan pesan anda tadi dengan baik. Karena jika tidak, bisa jadi menyebabkan mereka si penerima pesan akan salah paham dengan maksud anda. Selain itu bisa juga membuat mereka curiga terhadap anda.

Baca Artikel Lainnya :

5. Humble

Sikap rendah hati ketika membangun komunikasi dengan seorang merupakan sebuah sikap menghargai dan menghormati orang lain.

Dengan bersikap tersebut, menjadikan orang lain menjadi nyaman terhadap kita, misalkan ketika kita melakukan salah, maka anda berani mengakui kesalahan anda tersebut.

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *