Peranan Jaringan Komunikasi Bagi Perkembangan Negara

Sebuah negara tidak dapat berkembang jika tidak ada sebuah hubungan yang baik antar masyarakatnya dalam berinteraksi dalam berkomunikasi.

Oleh karena itu di perlukan sebuah jaringan komunikasi untuk memudahkan mereka untuk melakukan kegiatan berkomunikasi. Dengan begitu maka, sebuah negara akan berkembang dengan baik dan terkontrol.

o 35

Apalagi komunikasi makin hari berkembang, jadi sebaiknya pemerintah menerapkan komunikasi dalam kehidupan sehari – hari dengan wajib agar memudahkannya mengatur negara dan mengontrolnya. Pada umumnya jaringan komunikasi di bagi menjadi dua yaitu secara formal dan non formal atau informal.

jaringan komunikasi formal semuanya sudah disusun secara struktur dan tidak dapat di tolak oleh lembaga. Tetapi jaringan komunikasi informal strukturnya tidak dirancang, hanya saja tersusun atau timbul karena adanya interaksi sosial.

Berikut peran jaringan komunikasi dalam perkembangan sebuah negara :

  • Opinion leader

Sebagai pemimpin informal dalam sebuah negara, dengan tugasnya sebagai pemimpin informal ini, menjadikan jaringan komunikasi sebagai sarana terhubungnya seluruh negara dalam keadaan formal.  Memudahkan mereka juga untuk berkomunikasi dalam jarak jauh.

  • Gate keepers

Sebagai  individu yang melakukan pengontrolan arus informasi dalam negaranya. Sehingga dengan adanya Gate keepers ini semua informasi dalam sebuah negara dapat di terima dengan baik oleh seluruh anggota.

  • Cosmopolites

Sebagai seorang individu yang menghubungkan negara dengan lingkungan di sekitarnya, seperti masyarakat. Dengan begitu menjadikan negara tersebut ramah dan mengenal seluruh lingkungan yang ada di dalam negara.

  • Bridge

Sebagaisalah satu lembaga yang seharusnya menghubungkan antara lembaga yang satu dengan lembaga yang lain dalam sembuh negara. Hal ini memudahkan para lembaga untuk berkomunikasi melakukan perkembangan pada negara tersebut dengan dasar tujuan yang sama.

  • Liaison

Liaison memiliki peran yang hampir mirip dengan Bridge, hanya saja anggota yang melakukannya bukanlah anggota dari sebuah lembaga kelompok terhubung. Jadi pribadi tersebut berdiri sendiri yang hanya menghubungkan antara lembaganya saja.

Baca Artikel Lainnya :

  • Isolate

Isolate merupakan seorang anggota dari sebuah lembaga dalam negara yang memiliki kontak dengan minimal satu orang dalam lembaga lain pada sebuah negara.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *