Peranan Komponen Biotik dalam Ekosistem Tanah

Peranan Komponen Biotik dalam Ekosistem Tanah – Lingkungan merupakan suatu tempat tinggal makhluk hidup yang didukung oleh peranan komponen biotik dalam ekosistem tanah yang menjalankan peran dan fungsinya masing-masing. Dalam ekosistem bumi tersusun oleh satuan makhluk hidup yaitu meliputi individu, populasi, dan komunitas. Lingkungan sediri mempunyai cakupan cukup besar dan tersebar di muka bumi. Atmosfer adalah salah satu bagian bumi yang terdiri dari daratan, lautan, dan udara. Ekosistem juga disusun oleh dua komponen penting yaitu komponen biotik dan komponen abiotik.

hewann

Komponen biotik merupakan semua makhluk hidup yang dapat bergerak yaitu seperti hewan, dan tumbuhan. Komponen biotik yang menyusun ekosistem mempunyai peranan masing-masing. Berdasarkan peranannya, komponen biotik dibagi menjadi tiga kelompok. Berikut ini peranan komponen biotik dalam ekosistem tanah di antaranya adalah:

  • Produsen

Produsen merupakan komponen ekosistem yang menghasilkan atau memasak makanannya sendiri. Produsen adalah semua tumbuhan hijau yang mempunyai zat hijau atau klorofil yang menjadi bahan untuk proses fotosintesis di daun dengan bantuan dari sinar matahari.

  • Konsumen

Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak mempunyai kemampuan untuk menghasilkan makanan sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan makanan, konsumen mengandalkan produsen.

  • Pengurai

Pengurai adalah kelompok komponen yang bertuga untuk menguraikan makhluk hidup yang     telah mati menjadi suatu zat.

Komponen biotik pada ekosistem dapat mengalami perubahan. Namun, perubahan tersebut selalu terjadi dengan teratur sehingga perbandingan jumlah dari tiap-tiap komponen selalu seimbang. Sehingga setiap peranan komponen biotik dalam ekosistem tanah tetap berjalan sesuai alurnya. Seperti misalnya perubahan jumlah terjadi pada produsen, maka perubahan jumlah juga akan terjadi pada konsumen I, konsumen II, konsumen III, dan konsumen-konsumen berikutnya. Hal ini sering disebut fluktasi populasi.

Dalam lingkaran ekosistem tidak hanya dipengaruhi oleh peranan komponen biotik dalam ekosistem tanah saja tapi juga ada komponen abiotik. Komponen abiaotik ini adalah komponen yang tak bernyawa seperti:

  • Tanah
  • Udara
  • Air
  • Topografi
  • Serta iklim.

Antara ekosistem biotik dan abiotik saling ketergantungan, hal tersebut dapat terlihat ketika tumbuhan sebagai produsen membutuhkan tanah untuk tempat tumbuh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *