Peranan Manajemen Produksi Operasi Dalam Pasar Global

Peranan Manajemen Produksi Operasi Dalam Pasar Global – Perkembangan pasar global makin hai makin meningkat, begitu cepat dan ketat, oleh karena itu dituntut menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas demi apa bersaing dengan para pelaku pasar yang lain.

pengebang

Untuk menghasilkan produk yang baik maka sangat dianjurkan semua proses produksinya ada yang mengawasi. Manajemen produksi merupakan sebuah organisasi yang bertugas sebagi pengawas dalam proses produksi yang sedang terjadi.

Peran manajemen produksi antara lain :

  1. Planning

Perencanaan dalam sebuah proses aktivitas produksi sangatlah penting sehingga membutuhkan manajemen yang baik. Manajemen sangat diperlukan untuk membuat sebuah strategi untuk prosesnya dan mengevaluasi hasilnya. Dalam hal ini diperlukan perencanaan yang baik, seperti:

  • Membuat dan merincikan serta menerangkan semua planning dan tujuan dari misinya kepada semua anggota.
  • Menentukan jumlah anggota dan tugas dari setiap anggota.
  • Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan dilaksanakan.
  • Menentukan tepat, biaya material yang dibutuhkan.
  • Membuat rancangan anggaran.

Jika sebuah proses tidak diadakan planning atau perencanaan bisa jadi hasil yang dihasilkan tidak akan memuaskan, dan bisa jadi masih dalam proses produksi belum finis terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Organizing

Organizing (pengorganisasian) sangat diperlukan untuk proses Koordinasi antar tim dalam proses produksi demi menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. S

elain itu dengan pengorganisasian memudahkan setiap anggota bekerja sesuai bagiannya dan mempercepat proses kerjanya. Bayangkan saja, jika sebuah kelompok tidak kompak, apa bisa kelompok tersebut berhasil?

  1. Actuating

Kepemimpinan (actuating) merupakan sebuah seia mempengaruhi dan mengarahkan seseorang agar mereka paham apa tujuan yang hendak dicapai.

Sebuah pemimpin atau ketua tim saga diperlukan sebagai pendorong dan memotivasi para anggota untuk tetap berusaha semaksimal.

  1. Controling

Controling atau bisa disebut dengan pengawasan merupakan sebuah kegiatan memeriksa semua proses, apakah sudah sesuai dengan standar yang ditentukan berdasarkan tujuan awal.

Biasanya jika pengawasan terjadi ada hal yang tak sesuai maka pengawas akan memberikan saran kepada anggota.

Baca Artikel Lainnya :

Semua peran manajemen haruslah berjalan seimbang demi menghasilkan hasil akhir yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kondisi seperti apapun.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *