Peranan Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Peranan Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Ekosistem – Dalam menjaga keseimbangan lingkungan memang dilakukan oleh semua makhluk hidup terutama manusia yang lebih dominan. Berikut alasan manusia lebih dominan secara ekologi :

pengebang

  1. Manusia bisa memberikan pengaruh besar terhadap lingkungnnya terhadap semua makhluk hidup.
  2. Manusia mampu berkompetisi lebih baik demi memenuhi kebutuhan hidup terutama kebutuhan makanan dibandingkan makhluk hidup lainnya.

Peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem bisa berpengaruh secara positif dan negatif dalam lingkungan. Peranan manusia yang bersifat positif :

  1. Mengadakan reboisasi dan penghijauan demi terjaganya kelestarian berbagai macam flora yang ada serta dapat mencegah terjadinya banjir dan erosi.
  2. Melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam yang tersedia secara bijaksana dan tepat terutama Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui.
  3. Sistim pertanian dibuat sistim tumpang sari atau Multi kultur demi menjaga kesuburan tanah serta di buat sistim sengkedan untuk mencegah terjadinya erosi dan mencegah tanah mengandung humus hanyut ketika hujan pada tanah pertanian miring.
  4. Diadakan proses daur ulang limbah dan mengolahnya supaya kadar bahan pencemaran lingkungan yang tidak terpakai melebihi batas.
  5. Pemerintah membuat aturan untuk melindungi dan menjaga semua keanekaragaman jenis makhluk hidup baik dalam undang – undang , perda maupun dalam sebuah organisasi.

Peranan manusia bersifat negatif :

  1. Eksploitasi Sumber Daya Alam yang berlebihan sehingga persediannya semakin minim dan habis, misalkan pengeboran batu bara, minyak bumi.
  2. Pemburuan secara liar, sehingga membuat para satwa makin punah, misalkan memburu harimau untuk diambil kulitnya, paus yang diambil minyaknya.
  3. Penebangan dan pembakaran hutan secara berlebih sehingga membuat banyak tumbuhan dan hewan yang mati bahkan punah karena

Cara mencegah kepunahan Hewan dan tumbuhan  :

  1. Membuat UU untuk melindungi tumbuhan dan hewan
  2. Membuat hutan lindung sebagai resapan air
  3. Cagar alam untuk melindungi hewan dan tumbuhan
  4. Suaka marga satwa untuk melindungi hewan
  5. Kebun raya untuk melindungi tumbuhan
  6. Taman nasional untuk penyelidikan dan penelitian

keseimbangan ekosistem dalam satu wilayah memang wajib dijaga demi tidak terjadi kerusakan yang berakibat buruk untuk semua makhluk hidup, oleh sebab itu Pearl adanya kerja sama antar manusia demi tercipta keseimbangan lingkungan yang baik.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *