Peranan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam sebuah kehidupan, oleh karenanya dalam agama Islam pendidikan adalah hal yang wajib dilakukan sejal lahir hingga meninggal dunia. Pendidikan itu ada 2 cara yang dapat dilakukan, baik itu secara formal maupun secara tidak formal.

q 158

Pendidikan formal dapat dilakukan di sekolah ataupun di badan lain yang disediakan pemerintah, sebaliknya untuk pendidikan non-formal dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah atau ketika bermain.

Mendidik anak adalah kewajiban orang tua, oleh karenanya saat ini banyak para orang tua yang menitipkan pendidikan anaknya melalui jalur sekolah formal dalam suatu lembaga.

Hal ini merupakan upaya baik yang dilakukan oleh orang tua, namun perlu diketahui bahwa pendidikan untuk anak sejatinya tidak hanya ada dalam lingkungan sekolah formal saja namun juga ada dalm lingkungan keluarga.

Jika pendidikan untuk anak diserahkan sepenuhnya pada pihak sekolah, hal ini tentu tidak akan berhasil. Secara umum, anak menghabiskan waktu untuk belajar di sekolah hanya beberapa jam saja dan sisanya dihabiskan di luar sekolah.

Pendidikan yang dilakukan di sekolah hanya berupa pendidikan akademik dan prestasi saja, namun pendidikan untuk akhlak, nilai, kepribadian, dan penerapan ilmu tersebut. Terlebih lagi lingkungan keluarga, terutama untuk orang tua.

Jika ditanya apa peran orang tua dalam mendidik anak, tentu jika dihimpun jawabannya sangat banyak sekali. Orang tua sangat berperan penting dalam pendidikan anaknya, terutama dalam mengembangkan kepribadian anak itu sendiri.

Ketika bertingkah laku, orang tua harus memperhatikan segala macam apapun yang ia lakukan. Karena tingkah laku orang tua akan menjadi contoh mutlak dari kepribadian anaknya.

Orang tua tidak perlu mengajarkan A B C atau D kepada anaknya, karena hal ini bisa dilakukan disekolah. Namun orang tua cukup perlu untuk memperhatikan tutur bahasa, pola prilaku, sikap, dan hal lainnya yang nantinya akan diikuti oleh anak.

Baca Artikel Lainnya :

Pepatah mengatakan ‘learning by doing’ dan hal inilah yang memang sering kali kita lupakan sebagai orang tua dalam rangka mendidik anak kita.

Mengajarkan pendidikan formal sangat penting, namun pendidikan dasar untuk kepribadian anak malah lebih dan lebih sangat penting dibandingkan jenis pendidikan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *