Peranan OSIS Dalam Sekolah

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau seringkali kita singkat menjadi OSIS, merupakan sebuah organisasi dalam sekolah yang berupaya dalam mengatur berbagai kegiatan siswa dan juga berbagai kegiatan yang dapat menujang kemajuan siswa.

Sebagai salah satu organisasi, OSIS tentunya memiliki banyak peran penting di dalamnya, karena ia merupakan sebuah pemerintahan dalam suatu sekolah.

q 213

Berikut ini ada beberapa peran OSIS yang ada, silahkan disimak:

  • Sebagai salah satu dari jalur pembinaan kesiswaan, OSIS memiliki peran penting di dalamnya seperti; sebagai wadah, sebagai motivator/penggerak, berperan dalam hal preventif.

– Peran OSIS sebagai suatu wadah

OSIS merupakan satu-satunya wadah bagi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan di sekolahnya, hal ini diikuti bersamaan dengan jalur pembinaan yang lainnya yang tentunya mendukung agar tujuan pembinaan terhadap siswa tercapai.

Oleh karenanya, maka di sekolah diadakan OSIS yang memiliki fungsi atau peran sebagai wadahnya.

Wahana yang ada tentunya harus selalu ada bersama dengan jalur lainnya, yakni latihan untuk kepemimpinan, ekstrakulikuler, dan juga wawasan wiyatamandala.

Tanpa adanya saling kerjasama dalam berbagai jalur, tentu peran OSIS ini yang berperan sebagai wadah tidak akan berfungsi.

– Peran OSIS sebagai motivator / penggerak

Motivator merupakan sebuah alat untuk merangsang yang menyebabkan adanya sebuah keinginan, selain itu juga penyemangat bagi para siswa dalam melakukan dan berbuat dalam suatu kegiatan bersama untuk mencapai tujuannya.

Dalam hal ini OSIS akan ditampilkan sebagai penggerak jika para Pembina dan pengurus mampu membawa OSIS agar selalu menyesuaikan dan juga memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

Kebutuhan tersebut seperti menghadapi perubahan, daya tangkal terhadap ancaman, dapat memanfaatkan peluang dan juga perubahan, dan hal yang paling penting lagi adalah memberikan kepuasan terhadap anggotanya.

– Peran OSIS terhadap hal yang bersifat reventif

Peran intelek yang dapat dilakukan OSIS ialah dengan menggerakan sumber daya yang ada dalam aspek eksternal agar mampu beradaptasi dengan lingkungan, misalnya; menyelesaikan masalah persoalan dari perilaku menyimpang siswa dan sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

engan begitu secara preventif OSIS dapat berhasil ikut dalam mengamankan sekolah dari ancama yang datang dari dalam maupun luar sekolah.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *