Peranan Pekerja Pengembang Masyarakat

Peranan Pekerja Pengembang Masyarakat – Pekerja pengembang masyarakat atau disebut dengan pekerja sosial merupakan sekelompok orang atau organisasi yang membantu masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka demi memperbaiki taraf hidup yang dimiliki.

pengebang

Peran pekerja pengembang masyarakat :

  1. Berperan sebagai pendidik

Pekerja pengembang masyarakat juga berperan sebagai pendidik (educator) bagi masyarakat dengan harapan masyarakat mampu menerima semua informasi dengan baik sehingga mampu menghadapi perubahan yang ada.

  1. Berperan sebagai pemercepat perubahan

Pemercepat perubahan (enabler) dapat membantu dalam mengakses sumber daya yang ada, selain itu membantu menyelesaikan masalah yang terjadi dan mengembangkan kapasitas masyarakat untuk menghadapi sebuah masalah.

  1. Berperan sebagai perantara

Mereka juga berperan sebagai perantara (broker) yang menghubungkan antara individu, kelompok, dan masyarakat dengan individu, kelompok dan masyarakat lain serta menghubungkan dengan pemerintah, seperti Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

  1. Berperan sebagai tenaga ahli

Salah satu perannya adalah sebagai tenaga ahli (expert) yang dapat memberi saran, masukan dan dukungan informasi, sehingga masyarakat dapat ahli sesuai tuntutan zaman yang ada.

  1. Berperan sebagai perencana sosial

Berperan sebagai perencana sosial (sosial planner) adalah untuk mengumpulkan data yang sedang dihadapi oleh masyarakat kemudian, menganalisis dan memberikan alternatif untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi.

  1. Berperan sebagai pemberi fasilitas

Pemberi fasilitas (fasilitator) adalah untuk mempermudah masyarakat untuk berubah dengan menyediakan fasilitas – fasilitas yang diberikan. Dengan begitu masyarakat akan semakin mudah menerima semua pemikiran dan saran yang diberikan.

Menurut Jim Ife (2002) peran pekerja pengembang masyarakat adalah :

  1. Berperan sebagai fasilitator

Fasilitator berperan untuk membangkitkan semangat masyarakat untuk terus berkembang menggunakan potensi – potensi dan sumber daya yang ada dalam masyarakat sehingga produktivitas meningkat.

  1. Berperan sebagai Educational

Mereka membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang masyarakat miliki dengan agenda – agenda yang telah ditentukan sehingga masyarakat akan lebih produktif.

  1. Berperan sebagai representasional

Pekerja pengembang masyarakat membantu mereka untuk melakukan interaksi dengan masyarakat lain atau badan demi memudahkan mereka dalam proses peningkatkan produktivitas.

  1. Berperan sebagai teknisi

Mereka juga melakukan pengumpulan informasi demi mengembangkan potensi yang ada dalam masyarakat.

 Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *