Peranan pemangku kepentingan dalam dunia bisnis

Suatu bisnis tidak akan berjalan lancar jika tidak adanya para pemangku kepentigan. Para pemangku kepentingan adalah pemilik, kreditor, karyawan, pemasok dan pelanggan. Berikut perannya pemangku kepentingan dalam dunia bisnis :

k 117

1. Pemilik usaha

Suatu bisnis tidak akan mungki terjadi jika tidak adanya pemilik usaha. Karena pemilik usaha berperan penting sebagai penyedia modal utama dalam sebuah bisnis. Selain itu pemilik bisnis adalah pemberi ide, atau penentu usaha apa yang harus dijalankan.

Disisi lain, pemilik usaha juga berperan sebagai pemberi keputusan tertinggi ketika ada sebuah keputusan besar yang berpengaruh besar pada usaha tersebut.

2. Kreditur

Sebuah usaha tidak bisa jauh – jauh dari yang namanya kreditur, karena mereka butuh sekali untuk tempat peminjaman modal ataupun sebagai pinjaman sementara dikala perusahaan sedang krisis atau perusahaan membutuhkan pinjaman untuk membeli bahan produksi ,pembayaran gaji ataupun hutan suplier.

3. Karyawan

Bisnis juga tidak akan berjalan dengan baik jika tidak adanya karyawan. Bayangkan saja jika anda memiliki sebuah usaha percetakan, anda memang handal dalam proses pembuatan logo, atau proses mencetaknya.

Tapi apakah anda juga handal dalam proses pembukuan, belum tentu kan. Jadi, disini karyawan berperan penting dalam proses produksi dan juga pembantu sebuah usaha maju.

4. Pemasok

Pemasok adalah berperan sebagai pemasok barang – barang yang akan dipakai ketika proses produksi.

Misalkan saja, anda seorang pemilik swalayan, berjualan berbagai macam barang, dan itusemua dibutuhkan pembelanjaan banyak barang yang siap dijual. Oleh karena itu, disini peran si pemasok sebagai penyedia untuk dijual atau bahan baku produksi.

5. Pelanggan

Sebuah usaha tidak akan pernah berjalan dan bertahan jika tidak adanya pelanggan. Seperti apapun bentuknya sebuah usaha tersebut pasti membutuhkan seorang pelanggan.

Baca Artikel Lainnya :

Oleh sebab itu sangat diperlukan strategi atau cara untuk menarik pelanggan agar tetap betah atau nyaman membeli barang ditempat usaha tersebut. Disisi lain, produk yang dijual harus berkulaitas  dan memiliki harga murah tapi bukan murahan.

 Demikian peranan masing – masing para pemangku kepentingan di dalam dunia bisnis.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *