Peranan Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh

Peranan Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh – Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang penting bagi kesehatan. Vitamin ini dapat larut dalam lemak yang ada ditubuh dan sejak dahulu telah dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untitled

Seseorang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan cenderung lebih sering berinteraksi dengan paparan sinar  matahari, debu, polusi, dan kotoran yang lainnya. Adanya radikal bebas tersebut berdampak langsung pada kulit yang mampu membuatnya menjadi kusam dan kering.

Tentu hal ini sangat menggangu penampilan terutama bagi kaum wanita. Oleh sebab itu penting untuk mengkonsumsi vitamin E karena merupakan antoksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas tersebut. Selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit, vitamin E ini juga ternyata banyak memiliki khasiat lainnya untuk kesehatan.  Beberapa manfaat mengkonsumsi vitamin E ialah :

Mampu Mengencerkan Darah

Vitamin E dapat membuat darah menjadi lebih encer atau dengan kata lain dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Seseorang yang memiliki darah yang kental cenderung lebih beresiko terkena stoke.

Darah yang mengental tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurang menjaga pola hidup yang sehat dan stress yang menyebabkan tekanan pada fikiran seseorang tersebut. Oleh sebab itu menjaga agar darah tetap encer perlu diperhatikan salah satunya ialah dengan menjaga asupan vitamin E agar tetap cukup dipenuhi di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Dalam tubuh setiap manusia memang terdapat sel- sel kanker yang mampu aktif kapan saja sehingga membuat sel kanker tersebut dapat tumbuh dan membahayakan bagi kesehatan. Kurang baiknya menjaga pola hidup menjadi faktor utama sel- sel kanker tersebut dapat tumbuh dan berkembang.

Oleh sebab itu dalam menjaga pola hidup perlu diperhatikan terutaman dalam mengkonsumsi makanan- makanan yang seharusnya memiliki nutrisi yang harus terpenuhi tubuh dalam jumlah yang cukup. Salah satu nutrisi tersebut adalah vitamin E.

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi vitamin E dapat mencegah kanker seperti kanker paru- paru, kanker pankreas, lambung, prostat, dan masih banyak lagi lainnya. Karena vitamin E ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah zat prakanker atau zat yang dapat memicu munculnya sel kanker menjadi karsinogen sehingga sel kanker menjadi tidak aktif bahkan mati dan penyakit kanker tersebut dapat dicegah.

Penyakit Syaraf dan Otak

Berdasarkan penelitian, vitamin E juga dapat mencegah dan mengobati penyakit saraf dan otak seperti Alzheimer dan Epilepsi. Memang sebenarnya kedua penyakitv tersebut cenderung sulit untuk disembuhkan. Oleh sebab itu sebaiknya pencegahan lebih baik dilakukan terutama untuk penyakit Epilepsi yang sebenarnya merupakan penyakit keturunan atau penyakit yang dipengaruhi oleh gen.

Telah banyak produk kesehatan yang menjadikan vitamin E dalam bentuk suplemen. Namun, sebenarnya vitamin E juga dapat kita temukan dibeberapa makanan alami seperti rumput laut, buah alpukat, sayur bayam, umbi- umbian, kacang almond, sayur brokoli, tomat, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya makanan- makanan tersebut sering kita jumpai dengan mudah dan memiliki rasa yang sangat lezat serta sama aman dikonsumsi karena merupakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Selain menjadi cantik, tubuh juga menjadi sehat dengan vitamin E tersebut.

Semoga bermanfaat..

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Peranan Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh

  1. Pingback: 7 Makanan Yang Harus di Hindari Penyebab Bau Badan | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Mengintip Cara Ampuh Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Dengan Cepat | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *