Perbedaan antara IP Camera dengan CCTV Analog

Banyak orang yang menganggap bahwa IP camera dengan kamera Closed Circuit Television (CCTV) analog. Secara fungsi, IP camera dan Closed  Circuit Television (CCTV) analog memang sama, yaitu sebagai kamera pengawas. Namun sesungguhnya IP camera dan kamera CCTV itu adalah teknologi yang berbeda.

a 50

Fitur-fitur yang dimiliki lebih banyak dari fitur-fitur yang dimiliki Closed Circuit Television (CCTV) analog. Ada fitur yang IP camera miliki, tapi tidak dimiliki Closed Circuit Television (CCTV) analog analog analog. Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan dari IP camera dan kamera Closed Circuit Television (CCTV) analog.

1. Resolusi

Dari segi resolusi, IP camera lebih baik dari kamera Closed Circuit Television (CCTV) analog. Yaitu IP camera menghasilkan gambar 1280X 720 pixel, sedangkan Closed Circuit Television (CCTV) analog 640 X 480 pixel. Hasil gambar IP camera lebih tajam dan cerah dibandingkan dengan kamera Closed Circuit Television (CCTV) analog.

Selain itu, IP camera dapat mengatur tingkat cahaya dengan otomatis. Misalnya, jika cuaca sedang terang, maka cahaya disesuaikan dengan otomatis agar hasil rekaman tetap bagus tidak blur. Sedangkan Closed Circuit Television tidak bisa untuk menyesuaikan  tingkat cahaya sendiri

2. Dapat diakses dari mana saja (remoote viewing)

IP camera merupakan teknologi kamera pengawas yang dapat diakses dimana saja asalkan ada internet dari dua sisi. Kamera CCTV analog sebenarnya bisa juga diakses dimana saja, namun memerlukan hardware dan software tambahan. Kalau IP camera tidak memerlukan software dan hardware tambahan.

3. Dapat merekam darimana saja (remote recording)

Kamera Closed Circuit Television (CCTV) analog sangat rawan dengan tindak kejahatan, karena DVR dapat dengan mudah diambil dari CCTV. Sedangkan IP camera lebih aman karena DVR nya tidak harus dekat dengan camera, bisa disimpan di mana saja.

4. Tanpa kabel vs Memakai kabel

Closed Circuit Television memerlukan sambungan kabel dengan DVR, sedangkan IP camera tidak memerlukan kabel, hanya perlu kabel untuk power supply saja, sedangkan kabel untuk menyambungkan ke DVR tidak diperlukan.

5. Video analisa

Ip camera mampu mendeteksi hasil rekaman gerakan dalam berntuk apapun dan dapat melihat mana gerakan hewan mana gerakan manusia. Kamera CCTV analog tidak mempunyai kemampuan tersebut.

6. Mobilitas kamera

Closed Circuit Television (CCTV) analog analog tidak bisa digerakkan ke atas dan kebawah serta ke kanan dan ke kiri. Sedangkan IP camera mampu digerakkan ke segala arah, dan dapat di zoom. Hasil zoom nya pun sangat detail, jelas dan tidak blur.

7. Push Video Notification In 5 Second

IP camera memungkinkan untuk memberikan peringatan kepada smart phone anda, jika dalam rekaman terdapat orang asing yang masuk tempat anda memasang IP camera. Jenis IP Camera yang mampu melakukan teknik ini adalah AVN801. Jika ada orang asing yang masuk, maka peringatan akan dikirimkan ke smartphone anda.

Itulah beberapa informasi mengenai IP camera dan CCTV analog. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kamera pengawas, ada baiknya anda mencari tahu dahulu kebutuhan anda seperti apa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *