Perbedaan Antara Kelajuan Dan Kecepatan

Banyak yang kurang mengerti perbedaan antara Kelajuan dan Kecepatan. Jika dilihat dari segi bahasa, maka Kelajuan dan Kecepatan adalah dua hal yang sama. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, kata laju diartikan sebagai cepat.

Namun jika dilihat dari segi ilmu, ternyata Kelajuan dan Kecepatan adalah dua hal yang jauh berbeda. Dimana perbedaan Kelajuan dan Kecepatan? Berikut penjelasannya.

s 135

Apakah kalian pernah melihat speedometer pada sebuah kendaraan bermotor seperti mobil ataupun motor? Apa gunanya speedometer itu? Untuk mengukur Kelajuan atau Kecepatan sebuah kendaraan?

Jika kalian menjawab berguna untuk mengukur kecepatan, kalian kurang tepat. Karena sebenarnya speedometer berguna untuk mengukur kelajuan sebuah kendaraan. Hal ini sesuai dengan bahasa ingris untuk kata kelajuan yang berarti Speed. Berbeda dengan kata kecepatan yang dikenal dengan Velocity.

Kelajuan adalah seberapa cepat sebuah kendaraan dapat berjalan. Seperti misalnya 50 km, 100 km atau 20 km. Kelajuan dapat menurun, tetap, ataupun meningkat disetiap waktunya sesuai dengan jalur yang ditempuh.

Dan hal lain yang lebih penting tentang Kelajuan adalah dia tidak terikat oleh tujuan berbeda dengan kecepatan yang sangat terikat oleh tujuan akhir. Seperti contoh untuk kelajuan: Motor itu bergerak 50 km/jam.

Dan juga contoh untuk kecepatan: Budi melempar bola ke atas kepalanya dengan kecepatan 5 km/ jam. Motor yang bergerak 50 km/ jam hanya bergerak tidak menentu arah karena yang menjadi tolak ukur adalah besarnya nilai kelajuan sedangkan bola yang dilempar yang menjadi tolak ukur adalah seberapa cepat bola tersebut sampai ditujuan akhir (menyentuh tanah atau sampai tangan Budi lagi).

Singkatnya waktu yang diperlukan sebuah kendaraan untuk mencapai sebuah tempat adalah tentang kecepatan. Dan seberapa cepat kendaraan tersebut berpindah dalam hitungan detik, menit atau jam adalah tentang kelajuan.

Itulah kenapa ketika kita berbicara tentang kekuatan sebuah kendaraan bermotor, Kelajuan adalah salah satu hal yang dipertimbangkan.

Seperti seberapa jauh kendaraan tersebut dapat melaju dalam hitungan detik. Singkatnya, kecepatan adalah sesuatu yang memiliki besaran atau nilai dan juga arah. Berbeda dengan Kelajuan yang hanya memiliki besaran atau nilai tanpa arah.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah perbedaan dasar antara Kelajuan dan Kecepatan sesuai dengan ilmu fisika. Dari pengetahuan dasar inilah kemudian kita akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi tentang Kelajuan dan Kecepatan. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *