Perbedaan Antara Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Perbedaan Antara Tumbuhan Dikotil dan Monokotil – Berbagai macam vegetasi bisa dengan mudah ditemukan di bumi ini, dan vegetasi inilah yang nantinya akan membedakan antara persebaran yang satu dengan yang lainnya. vegetasi ini sendiri tersusun atas berbagai macam tubuh dengan jenis dan juga manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari jenis tumbuhan dikotil dan juga monokotil. tentunya anda sudah tak asing lagi dengan pembagian tumbuhan tersebut bukan. Jenis tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan yang berkeping ganda atau dapat melakukan pembelahan, sedangkan monokotil sebaliknya.

a

Jika dilihat dari ciri-cirinya sendiri ada cukup banyak hal yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam membedakan antara tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan monokotil, salah satu perbedaan tersebut bisa anda lihat dari batangnya sendiri atau tampilan luar, karena sangat sulit untuk bisa secara langsung melihat dari pembelahan yang dilakukan ketika masih dalam tahap awal pertumbuhan. Namun selain melihat dari batangnya sendiri anda juga melihat dari beberapa hal yang lain, nah berikut ini beberapa cara dalam membedakan antara tumbuhan dikotil dan juga monokotil, yaitu:

  • Bunga, untuk bagian bunga sendiri memang ada beberapa hal yang membedakan, untuk bunga tumbuhan dikotil dapat menghasilkan tetramerous atau pentamerous, tetra sendiri adalah berlipat empat atau yang jelas mahkotanya adalah genap.
  • Tumbuhan monokotil hanya memiliki susunan ikatan pembuluh yang tersebar, sedangkan untuk tumbuhan dikotil persebarannya rata dan menghasilkan alur tertentu.
  • Pada bagian akar tumbuhan monokotil adalah akar tunggang dan memiliki sifat adventif, sedangkan untuk tumbuhan dikotil memiliki akar serabut dan sistemnya berlangsung secara radikal.
  • Tanaman monokotil memiliki jumlah pori-pori tunggal atau ganjil, sedangkan untuk dikotil memiliki jumlah pori-pori ganda, namun tentunya anda tak akan menghitungnya secara langsung bukan.
  • Susunan vena utama pada tanaman monokotil adalah sejajar, berbeda dengan tumbuhan dikotil yang susunan vena utamanya adalah raticular.

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan sebagai patokan untuk membedakan antara tumbuhan dikotil dan juga monokotil, namun jika dilihat secara langsung anda bisa dengan mudah membedakan dari batang dan juga bentuk daunnya, dimana tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium, berbeda dengan tumbuhan dikotil yang memilikinya, sedangkan untuk bentuk daunnya sendiri juga menjarum sedangkan untuk dikotil melebar atau menyirip. Anda bisa dengan mudah membandingkannya jika melihat dari bagian luar tersebut atau juga jika dilihat dari bagian akarnya.

Untuk jenis tanamannya sendiri contoh tumbuhan monokotil bisa dengan mudah anda lihat adalah pada pohon kelapa, palm, jagung dan juga pisang. Sedangkan untuk contoh tumbuhan dikotil adalah pohon mangga, pohon rambutan, jambu dan yang lainnya, sangat mudah bukan melihat apa saja perbedaan dalam dua tanaman tersebut jika melihat secara langsung dari luar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Perbedaan Antara Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

  1. Pingback: Ciri-ciri dan Klasifikasi Tumbuhan Paku | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *