Perbedaan Planet Bumi dengan Planet Lainnya

Ditengok dari segi apapun, planet bumi memang sangat istimewa. Ada semua hal yang mendukung planet bumi sebagai planet kehidupan. Salah satunya adalah air. Tanpa air, makhluk hidup tidak bisa melangsungkan kehidupannya. Bahkan, manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa air lebih dari 4 hari.

c 26

Bukan hanya air, tentu saja oksigen yang berlimpah. Anda pasti tahu, bumi tidak hanya satu-satunya planet yang ada di alam semesta. Namun, apa yang membuat planet bumi tampak berbeda dan spesial dibanding planet-planet lainnya? Ini dia informasi yang telah kami ringkas dari berbagai sumber:

Kondisi lingkungan yang pas untuk bertahan hidup

Seperti yang Anda ketahui, lingkungan planet bumi sangat nyaman dijadikan tempat tinggal, bercocok tanam, dan bebas menghirup oksigen yang berlimpah. Tidak seperti planet-planet lain.

Kondisinya gersang, tandus, dan sulit mendapatkan oksigen. Suhu udara di bumi juga cukup nyaman bagi permukaan kulit manusia atau makhluk hidup lainnya. Tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.

Adanya atmosfer sebagai pelindung bumi

Di luar angkasa banyak benda-benda asing yang berukuran rakasasa siap kapan saja jatuh dan menghantam permukaan bumi. Mujur, terdapat lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari hantaman benda-benda asing serta batuan meteorid dari luar angkasa.

Di samping itu, atmosfer juga melindungi bumi dari serangan sinar inframerah  matahari yang bisa merusak sel-sel penting pada lapisan kulit manusia.

Adanya medan magnet bumi

Keistimewaan planet bumi juga terletak pada medan magnet bumi bersifat “menarik” partikel-partikel berbahaya dari sinar matahari. Sifat magnetis dari inti bumi berasal dari unsur-unsur logam serupa besi, nikel, dan elemen lainnya sehingga melindungi bumi dari berbagai pecahan benda luar angkasa.

Baca Artikel Lainnya :

Jika ada partikel asing yang tidak tertangkap medan magnet ini, akan memasuki zona kutub bumi, baik bagian kutub utara maupun selatan. Hal inilah yang kerap menimbulkan fenomena cahaya indah berwarna-warni di bagian kutub.

Betapa istimewa planet yang kita pijak ini. sebagai penduduk bumi, sudah selayaknya kita senantiasa menjaga kelestarian bumi agar bisa dihuni dengan damai dan nyaman oleh anak-cucu kelak. Setuju, kan?

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *