Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Alam semesta tidak hanya terdiri atas manusia saja, akan tetapi juga ada hewan tumbuhan maupun mahluk tak hidup yang akan saling melengkapi satu sama lain. Hewan dan tumbuhan merupakan dua element yang cukup penting selain manusia.

Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan diciptakan dengan “sistem” masing-masing. Yang berawal dari sebual sel.

m 14

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh mari kita analisa sejenak untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan secara lebih rinci. Berikut penjelasannya. Check this out!

Baik sel hewan maupun sel tumbuhan tersusun atas struktur dasar yang sama. Akan tetapi, seiring zaman keduanya mengalami evolusi yang menyebabkan adanya perbedaan.

Dimana dalam siklus rantai makanan tumbuhan berfungsi sebagai produsen dan hewan sebagai konsumen. Dibawah ini merupakan indikator yang lebih jelas untuk mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

1. Sel Tumbuhan

  • Dinding Sel

Dinding sel tumbuhan berfungsi debagai pelindung sel tumbuhan. Dinding sel akan mengalami pembelahan yang kemudian disebut sebagai dinding sel primer yang tersusun atas selulosa.

Kemudian setelah membelah akan berubah menebal yang akan disebut dinding sel sekunder. Antara dinding sel satu dengan lainnya dihubungkan dengan lamela.

  • Vakuola

Merupakan membran yang berisi sebuah cairan sitoplasma. Vakuola berfungsi sebagai media untuk jalan masuknya air yang berasal dari tonoplas yang digunakan untuk pertumbuhan sel turgor.

Vakuola juga berfungsi sebagai tempat menimbun sisa metabolisme seperti kalsium oksalat, tanin, lateks atau getah, dan alkalois. Juga sebagai gudang penyimpanan zat makanan seperti garam mineral, inulin, dan sukrosa.

  • Plastida

Merupakan organel yang mempunyai membran lengkap. Plastida dibedakan menjadi tiga, yaitu kloroplas, leukoplas, dan kromoplas.

2. Sel Hewan

  • Sentriol

Merupakan bagian yang terdiri dari sepasang struktur berbentuk seperti silinder yang disusun oleh protein mikrotubulus. Protein tersebut berbentuk seperti jala yang disebut benang spindel. Setriol berfungsi untuk mengatur polaritas pembelahan sel hewan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Vakuola

Vakuola pada hewan berbeda dengan vakuola pada tumbuhan. Karena hanya ditemukan pada beberapa hewan saja, yaitu paramaecium dan amoeba. Vakuola dibedakan menjadi dua yaitu: vakuola kontraktil dan vakuola non kontraktil.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *