Perencanaan Konservasi Tanah

konserPerencanaan Konservasi Tanah – Tanah adalah salah satu komponen bumi yang harus benar-benar terjaga mengingat tanah memilki peran penting untuk keseimbangan kehidupan. Tanah berfungsi untuk tempat berpijak yang mendukung aktivitas makhluk hidup bumi, menguraikan organisme mati untuk menghindarkan penduduk bumi dari banyak penyakit yang mungkin akan timbul dari bangkai organisme tersebut. Selain dua hal di atas tanah juga memiliki peran penting dalam penyerapan air hujan yang membasahi bumi. Untuk itu perlindungan tanah harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya dengan konservasi tanah. Namun, sebelum konservasi mulai dilakukan ada beberapa perencanaan konservasi tanah yang harus tetap diperhatikan.

Kerusakan tanah akibat terjdinya erosi tanah menyebabkan struktur tanah menjadi tidak teratur yang menurunkan produktivitas. Kerugian yang harus diterima dari terjadinya erosi yaitu sedimentasi tanah, jaringan irigasi, waduk. Baik erosi yang disebabkan oleh faktor alam ataupun faktor kimia. Perencanaan konservasi tanah perlu diadakan untuk menyusun kembali struktur tanah yang sudah hancur. Perencanaan tersebut menggunakan pendugaan terjadinya erosi.

Ada tiga model pendugaan erosi yang bisa dipilih untuk digunakan untuk melakukan perencanaan konservasi tanah yaitu seperti di bawah ini:

1. Model erosi
Model ini biasa digunakan untuk alat prediksi untuk menghitung banyaknya tanah yang hilang untuk konservasi tanah, inventarisasi tentang erosi tanah, dan berguna dalam perencanaan proyek.

2. Model matematik
Model matematik yaitu berdasarkan sifat fisik untuk prediksi tentang terjadinya erosi. Dalam hal ini sangat membantu pekerjaan para konservasi tanah untuk menentukan target penurunan erosi.

3. Model lain
Model lain di sini merupakan alat yang dapat digunakan untuk memahami proses erosi. Mengetahui interaksinya dan membantu menetapkan prioritas penelitian.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi agar perencanaan konservasi tanah yang dilakukan ideal. Ada suatu metode yang disebut metode untuk memprediksi erosi tanah. Syarat-syaratnya adalah dapat diandalkan, dapat digunakan dalam skala universal, mudah digunakan walaupun datanya sedikit. Faktor-faktor yang digunakan adalah faktor yang konprehensif serta berkemampuan mengikuti perubahan yang ada mengenai tata guna untuk lahan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *