Perjalanan Panjang Sejarah Pembentukan Negeri Sakura

Perjalanan Panjang Sejarah Pembentukan Negeri Sakura – Berdasarkan bukti-bukti arkeologi kepulauan Jepang sudah dihuni sejak 35.000 SM.

Berdasarkan berbagai temuan di kepulauan Jepang. Peradaban manusia pertama di Jepang terjadi pada 14.000 SM ditandai dengan adanya kebudayaan Jomon.

laptop

Zaman atau periode kehidupan di Jepang menurut berbagai sumber dibagi menjadi beberapa era, yaitu zaman pra sejarah Jepang, Jepang kuno, Jepang klasik, zaman feodal, awal zaman modern, dan Jepang masa modern.

Era Zaman Pra Sejarah Jepang

1). Zaman Jomon

Zaman Jomon ditandai dengan ciri gaya hidup masyarakatnya yang berburu-pengumpul. Masyarakat pada zaman ini tinggal di rumah beratap kayu.

Pertanian sudah mulai dikenal namun belum mengenal cara menenun kain sehingga para penduduk mengenakan pakaian dari bulu hewan.

Menurut analisis DNA, suku Ainu merupakan keturunan penduduk Jepang pertama yang berasal dari zaman ini. Suku Ainu saat ini sebagian besar tinggal di Hokkaido dan bagian utara Pulau Honshu.

2). Zaman Yayoi

Pada zaman ini masyarakatnya sudah mulai mengenal bertanam padi, menenun, pengobatan ritual, perdagangan, serta produksi perkakas menggunakan bahan dasar besi dan perunggu.

Situs arkeologi terbesar yang berkisah tentang zaman Yayoi adalah situs Yoshinogari. Situs tersebut mengungkapkan tentang pemukiman di daerah Kyushu yang telah dihuni oleh sejumlah penduduk dan keturunannya selama ratusan tahun.

Era Zaman Klasik dan Kuno Jepang

1). Zaman Kofun

Era ini ditunjukkan pada masa penduduk mulai membuat gundukan makam (tumulus) yang disebut dengan istilah kofun.

Era ini dimulainya era negara militer dengan klan-klan penguasa di Jepang. Satu Negara terkuat adalah Yamato.

2). Zaman Asuka

Pada zaman ini kepercayaan Budha mulai masuk, Negara di Jepang mulai membuat undang-undang dan berbagai peraturan Negara.

3). Zaman Nara

Zaman ini merupakan masa paling kuat dalam kekaisaran Jepang serta dimulainya pengalihan kekuasaan militer dari Kaisar kepada bangsawan, shogun, dan militer.

4). Zaman Heian

Puisi dan sastra memasuki masa keemasan pada jaman ini. Klan samurai mulai muncul pada zaman yang merupakan zaman terakhir pada era klasik Jepang.

5). Zaman Feodal

Pada era ini terbagi menjadi tiga zaman besar yaitu Kamakura, Muramachi, dan Azuchi-Momoyama.

Merupakan era transisi menuju zaman pertengahan Jepang. Pada zaman inilah Jepang berusaha menginvasi Korea.

Awal Zaman Modern dan Zaman Modern Jepang

Zaman Edo adalah awal dari zaman modern Jepang. Era modern Jepang ditandai dengan zaman Meiji, Taisho, Showa, dan Heisei.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *