Perlu Mengetahui Tentang Asal – Usul Buah Carica Untuk Media Kesehatan Tubuh

Selain terkenal akan pesona kecantikan alamnya yang sangat menonjol di mancanegara, sehingga tempat ini menjadi objek wisata yang diminati oleh turis asing.

Diketahui bahwa kawasan wisata Dieng  yang berlokasi di kabupaten Wonosobo merupakan sebuah wilayah di Indonesia dimana banyak terdapat tanaman carica yang tumbuh dengan subur di daerah pegunungan yang berhawa sejuk.

p 134

Dieng adalah kawasan pertanian yang mempunyai ketinggian rata – rata 2000 m di atas permukaan air laut. Suhu di Dieng berkisar 15 – 20 °C pada waktu siang hari dan 10 °C di malam hari.

Para turis asing yang berlibur ke tempat ini sangat suka makan buah Carica segar maupun olahannya sehingga menjadi asal mula tanaman ini dikembangbiakkan menjadi tanaman komersil untuk multifungsi terutama media kesehatan tubuh.

Carica termasuk keluarga pepaya yang hanya dapat tumbuh di tempat – tempat tinggi, membutuhkan temperatur yang cukup dingin atau sejuk, dan banyak terdapat curah hujan. Dieng merupakan dataran tinggi dan banyak mempunyai tanah yang subur.

Carica papaya merupakan keluarga tanaman buah pepaya yang hanya bisa tumbuh subur dan berbuah lebat di pegunungan atau dataran tinggi (di atas 1400 m dpl). Maka dari itu, buah ini sering disebut sebagai mountain papaya adalah pepaya gunung dimana buah ini aslinya berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika selatan.

Saat ini telah menyebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis negara – negara Asia termasuk Indonesia. Berbeda dengan buah pepaya pada umumnya, buah carica berasa lebih enak bila disajikan dengan cara diolah terlebih dahulu.

Buah carica memiliki bentuk menyerupai buah pepaya Jawa. Warnanya kehijauan dan setelah matang di pohon menjadi berwarna kekuningan.

Beda antara buah pepaya dengan buah carica adalah buah pepaya nikmat dimakan dalam kondisi segar sedangkan carica tidak bisa dimakan secara langsung, karena daging buahnya banyak mengandung getah yang kadang – kadang berasa pahit dan menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan.

Bahkan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, bisa melukai permukaan kulit. Orang Dieng suka menikmati buah carica dengan cara membelahnya menjadi dua bagian kemudian diambil biji – bijinya saja untuk dijadikan tepung.

Biji tua memiliki cita rasa manis seperti gula dimana bagus untuk campuran membuat stup atau sirup dengan cara diolah terlebih dahulu menjadi serbuk biji carica.

Beberapa olahan makanan lainnya dengan memakai bahan dasar carica adalah manisan, sirup, smoothie dan selai.

Baca Artikel Lainnya :

Salah satu produk unggulan yang paling populer adalah manisan carica yang selain berasa lezat juga bagus untuk media kesehatan tubuh seorang wanita yang sedang melakukan diet sehat.

Di Indonesia, kudapan ringan dari buah carica bisa anda beli di kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Bali. Anda bisa membelinya di tempat – tempat tersebut ketika melakukan acara liburan. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *