Perlukah Kita Menyimpan Mentega di Dalam Kulkas?

Mentega adalah salah satu bahan makanan yang kerap ada di lemari dapur setiap rumah. Ya, harap maklum, mentega merupakan bahan yang multiguna. Selain menjadi olesan roti, masakan yang dicampur mentega seringkali bertambah gurih dan sedap.

d 80

Bahkan, menikmati nasi putih panas yang mengepul dengan “lauk” mentega meleleh di atasnya, sudah sangat lezat.  Tak ayal, mentega memang menjadi bahan wajib yang harus dibelanjakan jika sudah habis.

Menariknya, selama menyimpan mentega, Anda mungkin sudah terbiasa menaruhnya di dalam lemari es, benar enggak? Alhasil, mentega menjadi mengeras dan padat seperti batu.

Jangankan untuk olesan roti, untuk menumis sedikit saja, perlu pisau untuk mengambilnya. Nah, pertanyaan baru muncul. Perlukah kita menyimpan mentega di dalam kulkas? Ada baiknya kita tengok dulu ulasan berikut yuk…

  • Mentega tidak usah disimpan dalam lemari es/kulkas

Bahan makanan yang diletakkan dalam lemari es seringkali lebih awet atau bertahan lebih lama. Namun, ini tidak berlaku untuk semua jenis makanan. Sebut saja seperti pisang. Pisang yang ditaruh dalam lemari es justru akan cepat menguning dan layu.

Apalagi, jika bicara tentang mentega. Kandungan 85% mentega adalah lemak yang bisa menjadi padat atau mengeras jika ditaruh dalam suhu dingin hingga Anda akan kesulitan untuk menggunakannya kembali.

  • Mentega sebaiknya disimpan dalam suhu ruang

Tempatkan saja mentega di dalam toples atau wadah tertutup, kemudian simpan di lemari dapur. Tidak perlu khawatir, mentega memiliki kandungan air yang sangat sedikit kok, hal ini akan meminimalisir jumlah bakteri atau jamur hingga mentega tetap awet.

Bonusnya lagi, mentega tidak akan membatu atau mengeras, jadi Anda tidak perlu repot untuk memakai sebagai olesan roti atau membuat tumisan.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa suhu ruang untuk menyimpan mentega sudah tepat. Tidak terlalu lembap, tidak terkena sinar matahari langsung dan tetap ada sirkulasi udara yang mengalir dengan baik.

Pasalnya, tempat yang lembap atau pengap juga bisa mempengaruhi kualitas mentega yang terbuat dari lemak.

Kini Anda sudah tahu kan sebaiknya menyimpan mentega di mana?

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *