Permasalah yang Sering Dihadapi dalam Lingkungan Hidup

Sebagai negara kepulauan tak bisa dipungkiri bahwasannya wilayah negara Indonesia terbagi atas beberapa bagian, dengan berbagai macam perbedaan yang ada di dalamnya, tak hanya masalah budaya namun juga apa saja yang ada di dalamnya, lingkungan hidup maupun flora dan juga fauna yang ada di dalamnya.

1

Berbeda dan juga banyak dua hal tersebut tentunya sangat cocok untuk Indonesia, namun juga tak memungkiri bahwa ada banyak uang kurang terurus. Mengingat dari warga negaranya sendiri yang kurang begitu peduli mengenai lingkungan sekitar. Tak menutup kemungkinan jika semisal lingkungan hidup yang seharusnya dapat diurus dengan baik justru menyebabkan berbagai macam bencana dalam hidup manusia.

Padahal jika masyarakat mampu mengelolanya dengan baik maka ada begitu banyak sumber penghasilan yang di dapatkan dari lingkungan hidup, tak hanya sebatas nilai ekonomi saja melainkan juga manfaat bagi tubuh yang tak bisa dinilai dengan uang. Jenis-jenis permasalahan lingkungan hidup yang dialami oleh Indonesia sebenarnya sama, yaitu:

  • Sampah, jika anda melihat lebih dekat maka hampir semua daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki masalah yang satu ini, hampir semua daerah tergenang oleh tumpukan sampah, dalam beberapa saat mungkin anda tak merasakan akibat apapun, namun dalam jangka waktu yang lama berbagai macam penyakit dan juga bencana alam layaknya banjir bisa terjadi hanya karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.
  • Penggunaan lahan sawah sebagai area perumahan, tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan penduduk paling banyak dan juga cukup padat. Hal ini semakin lama menyebabkan wilayah juga semakin sempit, apalagi jika angka kematian juga tak sebanding maka lahan yang seharusnya difungsikan sebagai sawah justru beralih jalur menjadi lahan yang difungsikan sebagai area perumahan.
  • Sulitnya daerah resapan, bagian paling penting untuk mencegah terjadinya banjir memang dengan resapan air yang baik, namun jika melihat pada keadaan saat ini semua rumah ditutup dengan paving dan juga cor, sangat sulit menemukan tanah yang memiliki resapan baik, maka tak jarang pula banyak air tergenang yang menjadi sumber penyakit banjir dimana-mana dan berbagai macam masalah yang lainnya.
  • Banyaknya habitat hewan yang dimanfaatkan sebagai area persawahan, hal ini banyak terjadi di Sumatera dan juga Kalimantan, akibatnya hewan-hewan yang seharusnya menjadi endemik daerah tersebut terancam punah, mungkin dalam beberapa tahun lagi kita hanya bisa melihatnya melalui gambar.

Jika menghitung masalah lingkungan hidup yang ada di Indonesia memang ada banyak sekali, umumnya yang berkenaan dengan bencana alam seperti banjir dan juga masalah lahan, sebisa mungkin masyarakat dan juga pemerintah sadar dan mau berpartisipasi untuk mengatasi hal tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *