Persebaran Bioma Bergantung pada Intensitas Penyinaran Matahari dan Iklim

Persebaran Bioma Bergantung pada Intensitas Penyinaran Matahari dan Iklim – Bumi terdiri dari berbagai macam susunan geografis yang ada di dalamnya, satu sisi ada yang memiliki hutan hujan lebat namun di sisi yang lainnya juga hanya sebatas hamparan gurun tanpa ada pepohonan yang mengelilinginya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan bioma yang tersebar di seluruh permukaan bumi, bioma sendiri bisa terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis suatu daerah, baik itu juga melihat pada cuaca, keberadaan produsen, konsumen hingga pengurai atau dekomposer.

a

Dalam sebuah bioma terdiri dari sebuah vegetasi tertentu, dan inilah yang membedakan antara daerah yang satu dengan yang lainnya, umumnya setiap regional yang memiliki vegetasi alam tertentu bergantung pada keadaan iklim, kita bisa dengan jelas melihat perbedaan suatu bioma dengan melihat pada vegetasi tumbuhan yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa macam bioma, yaitu:

  • Bioma tundra, jenis bioma yang satu ini hanya berada di daerah kutub yang memiliki suhu sangat rendah, sehingga sangat sedikit tumbuhan yang bisa hidup, apalagi intensitas penyinaran matahari juga tak sampai menjangkaunya, biasanya jenis tumbuhan yang bisa hidup hanyalah rumput tertentu dan juga lumut.
  • Bioma gurun, daerah yang satu ini umumnya memang hanya di dominasi oleh pasir dan juga bebatuan, berbanding terbalik dengan kutub yang suhunya sangat rendah, disini suhu justru sangat tinggi. Karena memang dominannya hanyalah pasir dan bebatuan sangat jarang untuk menemui tumbuhan yang bisa hidup di sini, beberapa hanya tumbuhan yang dapat menyimpan banyak cadangan air seperti kaktus.
  • Bioma padang rumput, membentang sejauh daerah yang memiliki iklim tropis dan juga subtropis, berbeda dengan daerah gurun dan juga kutub di sini ada banyak sekali tumbuhan yang bisa hidup dan membentuk sebuah hutan, karena curah hujan cukup tinggi berbagai jenis rumput dan juga pohon berdaun lebat bisa tumbuh dengan subur.
  • Bioma taiga, hanya ada di daerah Rusia dan juga Kanada, merupakan bioma terluas di dunia, memiliki beberapa jenis tumbuhan dan pada dasarnya hanya tumbuhan tertentu yang bisa hidup di tengah cuaca dingin, mengingat sepanjang tahun daerah tersebut selalu diselimuti dengan salju.
  • Bioma sabana, sabana sendiri merupakan padang rumput yang dikelilingi oleh berbagai macam pepohonan, seperti halnya pohon palem, sabana ini memang mengalami musim panas sepanjang tahun, namun sesekali masih diguyur hujan sehingga berbagai macam tumbuhan bisa hidup disini.

Karena vegetasinya yang berbeda itulah maka tercipta perbedaan bioma antar negara, selain itu karena sinar matahari dan curah hujan juga berpengaruh terhadap hal yang satu ini. Jenis bioma yang berbeda itulah yang memberikan keberagaman antara satu tempat dengan tempat yang lainnya, bioma merupakan ekosistem terbesar yang tersebar di seluruh belahan bumi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Persebaran Bioma Bergantung pada Intensitas Penyinaran Matahari dan Iklim

  1. Pingback: Melihat Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Perbedaan Antara Tumbuhan Dikotil dan Monokotil | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *