Pertanda Bahayakah Apabila Wanita Haid 2 Kali Dalam Sebulan?

Sudah kodrat wanita bahwa setiap sebulan sekali mengeluarkan darah, yaitu darah haid. Secara umum periode menstruasi wanita adalah  3-5 hari, sementara siklusnya berlangsung selama 28 hari.

g 81

Beberapa wanita biasa mengalami periode menstruasi yang sangat, ada pula mereka mengalami periode yang lebih panjang. Volume menstruasi mereka pun berbeda-beda, ada yang banyak, adapula yang sedikit.

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur sebulan sekali, jika terjadi dua kali, maka jangan panic terlebih dahulu.

Anda harus memastikan apakah benar darah yang keluar adalah benar darah haid sesuai ciri-ciri darah haid. Karena bisa jadi hal itu bukanlah darah haid melainkan karena penyakit.

Dan Ada baiknya anda tunggu apakah hanya terjadi sekali atau dua kali atau bahkan kembali ke siklus awal. Jika terjadi sepeti itu maka tidak perlu risau, karena siklus haid pada wanita sangat dipengaruhi oleh hormon.

Ketika wanita tersebut stress, kelelahan,kegemukan, penggunaan alat kontrasepsi, kencing manis, dan lainnya maka siklus mentruasi bisa berubah. Namun perubahan tersebut hanya sementara seiring kembalinya kestabilan hormone seperti semula.

Namun jika perubahan tersebut menetap, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui penyebab perubahan tersebut dan apakah haid tersebut disertai ovulasi atau tidak.

Jika ovulasi masih ada maka tingkat kesuburan masih bisa diharapkan. Untuk memastikan pembuahan adalah memperkirakan dengan tepat seperti pada siklus tiap bulannya dengan cara deteksi hormone LH yang sekarang banyak dijual di pasaran yang merupakan salah satu tanda masa ovulasi, atau mengukur peningkatan suhu basal tubuh, atau dengan mengecek kekentalan lender Rahim.

Baca Artikel Lainnya :

Jika ovulasi tidak terjadi, karena akibat produksi hormone di otak dsb, maka perlu dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh mengenai sebab-sebab tidak terjadinya ovulasi, bahkan bisa dilakukan terapi dan induksi ovulasi untuk merangsang pembuahan.

Meski peluang pembuahan menurun, namun ibu tetap berkesempatan memiliki keturunan. Pemeriksaan dan terapi tersebut dapat dilakukan oleh dokter kandungan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *