Pesona Danau Singkarak di Sumatera Barat

Ketika anda dulu masih duduk di sekolah dasar, anda pasti belajar tentang danau-danau besar dan terkenal yang mewakili setiap daerah. Bila anda disuruh menyebutkan, danau apa yang terbesar di Sumatera Selatan? Sebagian besar anda akan menjawab Danau Toba. Danau Toba adalah danau yang terbesar di wilayah ini, tetapi saat ini kita akan membahas danau yang terbesar kedua setelah Danau Toba yaitu Danau Singkarak.

fi 80

Danau Singkarak yang merupakan jenis danau tektonik terjadi akibat pergeseran lempeng tektonik saat itu. Dikatakan cukup luas dengan kedalaman 268 meter dan 363,5 diatas permukaan laut, diketahui tidak begitu banyak ikannya hanya 19 jenis yang ditemukan di danau ini, dikarenakan jumlah plankton yang menjadi makanan ikan cukup terbatas. Panjang danau ini juga diperkirakan masih akan terus bertambah karena yang awalnya hanya 3 meter sekarang bisa mencapai panjang 23 meter.

Bila disiang hari, danaunya akan terlihat indah karena pantulan sinar matahari. Karena pemandangannya yang mampu mengalihkan dunia anda, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk bermalam disini. Hawa yang sejuk dan suasana danau yang tenang bisa membuat anda melepas lelah dan penat sesaat. Pada saat anda menginap, anda juga tidak akan bosan, karena banyak aktifitas menarik yang menunggu anda.

Anda bisa berenang di danau ini, karena airnya yang jernih. Bila anda tidak ingin berbasah-basahan, anda juga bisa mendayung sampan dengan jejeran bukit hijau dibagian seberangnya. Cocok untuk anda yang membawa pasangan.

Anda juga bisa ikut memancing ikan bersama para nelayan disana. Selain itu anda bisa memancing di pinggiran danau dan hasilnya bisa anda panggang dan dimasak sendiri bersama keluarga dan sahabat. Tentunya akan menambah kebersamaan liburan anda.

Kalau anda malas atau enggan untuk memanggang atau memasak, wisata kuliner disini juga siap menjamu anda. Ikan Bilih menjadi kebanyakan pilihan para wisatawan disini. Ikan ini biasanya digoreng dipadu dengan sambal. Dan ada yang menarik dari Ikan Bilih. Apakah itu?

Ketika diteliti Ikan Bilih hanya bisa ditemukan di danau ini dan tidak bisa dikembangbiakkan ditempat lain. Jadi ikan ini benar-benar menjadi makanan khas dan banyak ditemukan di warung-warung makan disekitar Danau Singkarak.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk merasakan mendayung perahu sampan di danau dengan keindahan pantulan kerlap-kerlip air dibawahnya? Ditemani dengan makanan khas ikan Bilih yang siap memanjakan lidah anda? Anda tidak perlu khawatir dengan oleh-olehnya.

Oleh-olehnya adalah ikan Bilih yang sudah digoreng kering dan bisa dibawa pulang untuk dimakan dirumah. Nah, bila anda pergi ke Flores, setelah Danau Toba, sempatkan diri anda bersama sahabat dan keluarga datang ke Danau Singkarak ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *