Pesona Indah di Ujung Jawa Barat

Ketika kita mendengar kata Jawa Barat mungkin yang ada di bayangan kita adalah Kota Bandung dan juga Cirebon, tahukah Anda bahwa Ciamis juga masih merupakan bagian dari Jawa Barat.

fi 50

Ada banyak sekali tempat wisata yang wajib sekali dikunjungi apabila kita sedang melakukan perjalanan ke Jawa Barat, salah satu yang wajib dikunjungi adalah Green Canyon yang ada di Indonesia. Lokasi pastinya adalah di Desa Kertayasa yang merupakan bagian dari Ciamis. Lokasi ini juga merupakan lokasi yang cukup lumayan dari ibukota Jakarta.

Akses menuju Green Canyon

Untuk bisa menuju ke lokasi wisata ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi yang bisa menjadi salah satu pilihan utama atau menyewa mobil di sekitar Ciamis. Jika kita berjalan dari kawasan Pangandaran maka kita akan memakan waktu selama kurang lebih 2 jam untuk menempuh 21 km. Bagi yang dari Jakarta bisa menuju ke Pangandaran yang lalu dilanjutkan dengan perjalanan menuju Green Canyon.

Kegiatan di Green Canyon

Green Canyon juga seringkali disebut Cukang Taneuh oleh warga sekitar yang juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan tempat wisata ini. Ketika sudah sampai di Green Canyon kita bisa menikmati beberapa pemandangan yang indah dan juga beberapa aktivitas antara lain:

  1. Memanjat tebing, jika Anda sangat suka menantang adrenalin maka memanjat tebing ini merupakan salah satu aktivitas yang wajib untuk dilakukan dan juga akan sangat menyenangkan.
  2. Menyusuri gua, ketika mengunjungi tempat ini jangan sampai tertinggal untuk mengunjungi beberapa gua yang memiliki stalaktit yang akan menjadi pemandangan yang sangat indah.
  3. Berenang, jika memungkinkan ada beberapa lokasi yang bisa digunakan untuk berenang karena air yang tenang.
  4. Body rafting, ini merupakan aktivitas yang sangat disukai oleh banyak pengunjung karena akan membuat pengalaman berbeda. Untuk menikmatinya bisa membayar sebesar 150 ribu.

Ketika sedang berjalan-jalan di lokasi ini sebaiknya Anda mencukupi perbekalan terutama makanan karena di lokasi ini penjual makanan hanya ada pada pintu masuk. Ada baiknya untuk membawa sedikit cemilan ketika masuk, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan membuang sampah kemasan sembarangan. Selain itu kita juga bisa menggunakan sandal khusus gunung untuk menghindari selip yang bisa kapan saja terjadi.

Ada beberapa tips yang memang harus diperhatikan ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut antara lain:

  • Bawalah tas yang anti air sehingga bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang elektronik.
  • Bawa baju ganti, ini merupakan hal yang sangat wajib hukumnya.
  • Siapkan kamera yang anti air agar hasil foto bisa maksimal terutama yang ingin melakukan foto dalam air.

Baca Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *