Pesona Keindahan Gunung Merbabu 3142mdpl

Pesona Keindahan Gunung Merbabu 3142mdpl – Anda pecinta hiking? Gunung Merbabu mungkin sudah tak asing di telinga kalian para pecinta hobi ekstrim ini.

Untitled

Terletak di provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo pesona dari gunung Merbabu sudah tak bisa diragukan lagi sehingga tak heran gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk melakukan pendakian.

Jika menilik sejarah, nama Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang artinyai gunung dan “babu” yang memliki arti “wanita”. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur akan tetapi sebenarnya memiliki 5 buah kawah. Ada empat jalur pendakian dari Gunung Merbabu yang dapat dilalui yaitu yang paling terkenal jalur Selo, Thekelan, Cunthel dan Wekas.

Dari puncak gunung ini para pendaki dapat memandang gunung lain seperti Merapi yang berada tepat diseblah gunung ini. Gunung Sumbing, Sindoro, Slamet, Prau pun bisa terlihat juga dari puncak Merbabu.

Menurut beberapa pendaki, view yang disajikan jalur Selo adalah yang paling indah daripada jalur lainnya untuk mencapai Puncak Merbabu. Dari jalur ini para pendaki disuguhkan pemandangan gunung Merapi yang terlihat sangat gagah di depan mata.

Saat siang hari hijaunya padang ilalang dan sabana akan membuat para pendaki terkagum-kagum.. Di malam hari, pemandangan juga tak kalah indahnya dengan terlihatnya gemerlap lampu kota Magelang dan sekitarnya.

Total waktu pendakian rata-rata yang dibutuhkan untuk sampai di puncak Merbabu melalui jalur Selo sekitar 5 – 6 jam, tergatung pada irama pendakian masing masing orang. Melalui jalur ini kita akan melewati 3 buah pos dan beberapa pos bayangan.

Setelah melewati hutan selama 2-3 jam dari basecamp, kita akan disambut padang ilalang serta sabana yang indah pada pos 2 dan 3.

Terdapat dua padang sabana yang akan kita lewati. Dan biasanya para pendaki akan mendirikan tenda di kedua sabana ini untuk melakukan summit attack di keesokan harinya. Pendakian dari Selo tidak terdapat sumber air, jadi bagi kalian yang ingin melakukan pendakian, harus menyiapkan persediaan air yang cukup agar tak kekurangan air.

Dari pos terakhir sebelum puncak memakan waktu sekitar satu setengah jam. Perjalan yang cukup melelahkan, tetapi Apa yang akan diperoleh di puncak sangat sebanding dengan perjuangan yang dilakukan.

Ketika berada di puncak gunung Merbabu akan membuat kita seperti berada diatas awan. Gulungan awan putih yang menggumpal-gumpal indah di langit dan pemandangan dari atas puncak gunung Merbabu sungguh sangat tidak mengecewakan.

Bahkan kata seindah apapun tidak akan pernah sanggup untuk mendeskripsikan keindahan yang disuguhkan oleh puncak Merbabu. Di puncak gunung Merbabu, mulut kita tidak akan banyak bicara. Hanya mata yang akan melihat lebih banyak dari biasanya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *