Pilek Jangka Panjang, Curigai Sebagai Gejala Awal Sinusitis

Pilek Jangka Panjang, Curigai Sebagai Gejala Awal Sinusitis – Flu atau pilek mungkin bagi sebagian orang adalah penyakit yang tergolong ringan dan dapat dengan cepat disembuhkan.

Untitled

Tapi bagimana bila seseorang tersebut mengalami flu atau pilek dalam jangka waktu yang lama hingga mengeluarkan lender yang terus menerus? Bisa jadi seseorang tersebut bukanlah mengalami flu namun hal tersebut dapata menjadi ciri- ciri penyakit sinusistis.

Sinusitis memang hampir serupa dengan penyakit flu biasa hanya saja biasanya sinusitis ini terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama atau sering disebut juga flu menahun.

Sebenarnya sinusitis merupakan penyakit radang pada rongga sinus yang terjadi karena alergi dan adanya infeksi oleh virus, bakteri, maupun jamur.

Keadaan tersebut disebabkan oleh penyumbatan pada saluran sinus yang berlangsung lama seperti alergi, polip, dan yang lainnya. Gejala sinusitis berupa hidung tersumbat disertai oleh lendir atau ingus yang kental dan apabila sudah parah dapat pula berbau.

Terkadang seseorang yang mengalami sinusitis sering merasakan sakit kepala dan pegal- pegal pada bagian bahu belakang.

Menghadapi seseorang yang mengalami sinusitis sebaiknya menghindarkannya dari benda- benda yang dapat membuat alergi seperti debu atau kotoran lainnya sehingga tempat dimana seseorang itu berada haruslah selalu bersih dan sirkulasi udara ruangan juga harus baik.

Apabila penyakit sibusitis dibiarkan akan membuat penderinya terus merasakan sakit kepala hebat dan lender yang keluar dari hidung dapat menggangu aktivitasnya sehari- hari.

Bahkan bila penyakit tersebut semakin parah, penderita sinusitis akan kehilangan indra penciumannya karena syaraf pada hidup terganggu sehingga menurunkan daya fungsi hidung untuk mencium aroma sesuatu. Tentu hal tersebut sangatlah berbahaya karena hidung merupakan organ tubuh yang vital.

Sebenarnya adapula cara- cara tradisional yang dapat membantu meringankan gejala sinusitis seperti dengan menggunakan uap air panas yang dihirup perlahan oleh hidung.

Hal tersebut dapat membantu memperlancar siklus udara yang ada dihidung sehingga akan meringankan sumbatan yang berada didalam hidung tersebut dan juga akan membuat sakit kepala yang dialaminya sedikit berkurang.

Selain itu hidari terkenan polusi dan asap agar sinusitis tidak menjadi semakin parah. Namun, sebaiknya seseorang yang mengalamai sinusitis haruslah diperiksakan kedokter akan memperoleh pemeriksaan dan pengobatan yang lebih lanjut.

Biasanya pasien sinusitis akan diberikan antibiotik oleh dokter yang mampu melawan virus- virus atau bakteri atau jamur penyebab penyakit sehingga daya tahan tubuh orang tersebut menjadi lebih kuat.

Baca Artikel lainnya :

Selain itu penderita sinusitis juga biasanya diberikan terapi oleh dokter yang harus dijalani secara rutin dan terus menerus hingga sinusistis tersebut hilang dari saluran hidungdan yang lebih penting saat pengeluaran lender atau ingus tidak baik bila dilakukan terlalu kencang karena akan membuat saluran hidung semakin meradang.

Oleh sebab itu jangan anggap sepele flu atau pilek terutama jika terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *