Potensi Budidaya Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Potensi Budidaya Ternak Jangkrik – Jangkrik merupakan salah satu jenis serangga yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan hewan. Hewan yang identik dengan suara khasnya yang satu ini memang menjadi buruan berbagai kalangan masyarakat untuk berbagai macam kebutuhan.

Untitled

Bahkan tak jarang beberapa kalangan memanfaatkan jangkrik untuk dibudidayakan sebagai sumber mata pencaharian. Budidaya ternak jangkrik dapat menghasilkan keuntungan sama halnya dengan usaha ternak yang lain karena jangkrik juga memiliki nilai jual dan potensi usaha yang menarik. Jadi, ternak jangkrik dapat menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa anda lakukan mulai saat ini.

Pemanfaatan budidaya jangkrik

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, jangkrik seringkali dimanfaatkan sebagai pakan hewan. Hewan yang biasa memakan jangkrik diantaranya yaitu ikan, lobster, burung dan berbagai hewan piaraan. Selain dimanfaatkan sebagai pakan hewan, budidaya jangkrik juga cukup potensial karena jangkrik dapat dimanfaatkan sebagai bahan penelitian atau uji coba yang dilakukan untuk berbagai riset fisiologi dan toksikologi di berbagai Negara, termasuk di Indonesia. Bahkan saat ini berbagai perusahaan kosmetik di luar negeri sudah memanfaatkan jangkrik sebagai salah satu bahan dasar kosmetik yang diproduksi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Potensi budidaya ternak jangkrik

Ternak jangkrik di Indonesia sangatlah berpotensi besar sebagai mata pencaharian utama ataupun sampingan anda. Sebab, perkembangbiakan dan kapasitas hidup jangkrik membutuhkan suhu dan kelembapan yang cocok dengan iklim di Indonesia. Jangkrik dapat hidup dalam suhu optimal antara 28 hingga 35 derajat Celsius yang sangat pas dan sesuai di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, budidaya jangkrik juga tidak rumit ataupun sesulit budidaya ternak hewan lainnya sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja yang hobi beternak sambil menambah pundi-pundi penghasilan.

Daya tarik budidaya ternak jangkrik

Selain karena dukungan lingkungan dan iklim yang tepat, ada juga beberapa alasan yang membuat budidaya ternak jangkrik cocok dijadikan sebagai mata pencaharian anda, antara lain:

  • Ternak jangkrik bisa dilakukan secara sederhana menggunakan lahan yang ada dan tidak membutuhkan tempat yang luas.
  • Pemeliharaan ternak jangkrik relatif mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
  • Pemasaran ternak jangkrik terbuka lebar dan cukup potensial.
  • Pakan jangkrik murah dan tersedia di mana-mana.
  • Ternak jangkrik dapat dijadikan pekerjaan sambilan dengan hasil atau keuntungan yang relative besar.

Karena kebutuhan masyarakat dan industri terhadap jangkrik sangatlah besar dan terus menerus meningkat, maka budidaya ternak jangkrik merupakan salah satu alternative pilihan yang bisa anda jalani untuk menambah penghasilan.

Penggunaan jangkrik sebagai pakan hewan, objek penelitian, bahan kosmetik bahkan obat-obatan dan lainnya membuat nilai jual jangkrik senantiasa meningkat. Maka dari itu, tidak ada salahnya anda mencoba untuk membudidayakan jangkrik sebagai salah satu usaha yang anda tekuni mengingat tingginya nilai guna dan permintaan jangkrik saat ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *