Potensi Usaha Ikan Nila di Kolam Yang sederhana

nilaaaPotensi Usaha Ikan Nila di Kolam Yang sederhana – Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dijual di pasaran. Ikan yang memiliki ciri khas warna kehitaman atau juga keabu abuan dan memiliki pita gelang yang melintang (belang) pada bagian tubuhnya. Ikan nila merupakan komoditi yang menjanjikan dalam dunia usaha, oleh karena itu banyak orang yang membudidayakan ikan ini dengan tujuan bisnis. Salah satu faktor yang harus anda ketahui sebelum memulai usaha budidaya ikan nila ini adalah ikan nila juga merupakan komoditas ekspor yang permintaan akan ikan ini setiap tahunnya selalu meningkat. Selain itu untuk di dalam negeri saja peminat dari ikan nila ini sudah banyak, sehingga dengan membuka usaha membudidayakan ikan nila akan terbayang keuntungan bagi anda.

Dalam berbisnis ikan nila, anda harus memperhatikan cara membudidayakan ikan nila dengan benar, agar usaha yang anda geluti ini menghasilkan keuntungan bagi anda. Berikut ini akan saya ulas mengenai potensi serta tata cara untuk membudidayakan ikan nila yang dapat dilakukan secara sederhana namun memiliki kualitas yang bersaing.

POTENSI BUDIDAYA IKAN NILA

  1. Ikan nila   memiliki daya adaptasi yang tinggi, ikan nila dapat hidup pada air tawar, payau, maupun laut
  2. Ikan nila merupakan ikan yang memiliki daya tahan yang tinggi untuk menghadapi perubahan lingkungan
  3. Ikan nila merupakan jenis ikan omnivora
  4. Ikan nila mampu mencerna pakan secara efisien
  5. Ikan nila juga merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan yang cepat
  6. Ikan nila tidak mudah terserang penyakit dibandingkan dengan ikan jenis lain yang sejenis

KELEBIHAN BUDIDAYA IKAN NILA

  1. Ikan nila merupakan ikan konsumsi yang dapat meningkatkan gizi keluarga
  2. Ikan nila cepat berkembang biak
  3. Ikan nila mudah dibudidayakan
  4. Ikan nila dapat dipelihara pada kolam yang sederhana

CARA BUDIDAYA IKAN NILA

Setela mengetahui potensi serta kelebihan ikan nila, saya yakin bahwa anda mulai tertarik untuk membudidayakan ikan nila. Tapi sebelum anda mulai untuk membudidayakan ikan nila ini, saya akan menunjukkan cara yang sederhana untuk membudidayakan ikan nila ini. Faktor faktor yang harus diperhatikan sebelum memulai budidaya ikan nila ini adalah,

  1. Tempat pemeliharaan kolam

Tempat untuk memelihara ikan ini dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan anda, anda dapat memilih opsi untuk menggunakan jenis kolam yang sesuai. Biasanya untuk anda yang masih awal dalam bisnis ini, mempuat kolam dengan terpal adalah cara paling hemat sebelum anda memutuskan untuk membangun kolam sendiri.

  1. Pembuatan kolam

Untuk luas dari kolam ikan nila ini dapat disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan di tempatkan pada kolam. Sebelum anda menaruh ikan ke kolam yang sudah anda buat, sebaiknya anda melakukan persiapan sebagai berikut :

  • Tambahkan pupuk organik ke dalam kolam dengan ketebalan sekitar 2 cm, tambahkan jerami setebal 2 cm, tambahkan sedikit kapur dan garam ke seluruh permukaan kolam. Setelah itu biarkan kolam selam 2 hari, isi kolam dengan air lalu biarkan selam 7 hari. Setelah itu masukkan bibit ikan nila ke dalam kolam.
  1. Bibit ikan nila

Untuk bibit anda dapat membeli di pasaran, pastikan bahwa bibit adalah bibit berkualitas.

  1. Perawatan ikan

Untuk perawatan ikan berikan makanan ikan 2 kali sehari, berikan vitamin 1x sebulan

Jaga kebersihan air, usahakan agar air dalam kolam selalu mengalir

  1. Panen

Biasanya masa panen untuk ikan ini adalah 4 – 6 bulan. Panen ikan kemudian sortir mana yang akan di jual dan mana yang akan anda konsiumsi sendiri

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *