Presdir dan CEO Intel Corp Pertama, Robert Noyce

Presdir dan CEO Intel Corp Pertama, Robert Noyce – Seperti yang telah diketahui, jika Intel Corp yang merupakan perusahaan penghasil chip atau prosesor yang saat ini banyak digunakan, didirikan oleh 2 orang yaitu Robert Noice dan Gordon Moore.

1

Robert Norton Noyce atau yang dikenal dengan Robert Noice merupakan pria kelahiran Burlington, Lowa, Amerika Serikat pada tanggal 12 Desember 1927. Noyce merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dengan ayah seorang pendeta bernama Ralph Brewster Noyce (lulusan Doane College (1915), Oberlin College (1920) dan Chicago Theological Seminary (1923). Sedangkan ibunya, Harret May Norton merupakan lulusan dari Oberlin College (1921) dan putri seorang pendeta Milton J. Norton dan Louise Hill.

Ketiga saudara Robert Noyce bernama Donald Sterling Noyce, Ralp Harold Noyce dan Gaylord Brewster Noyce. Robert tinggal dan besar di Grinnell, Lowa dan menunjukkan bakat dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ketika sekolah menengah atas dan kemudian masuk ke kuliah fisika di Grinnel College.

Setelah lulus dari Grinnell High School (1945), Robert masuk saat musim semi di Grinnell College. 1947, ia menjadi anggota tim renang di Midwest Coference Champhionship. Tidak hanya aktif dalam olahraga renang, namun juga aktif bernyanyi, drama dan musik. 1949, lulus dari Phi Betta dengan BA untuk bidang Fisika dan Mathematics, Grinnell College dan menerima penghargaan dari teman sekelasnya untuk The Brown Derby Prize.

1953, dari Massachusetts Institute of Technology Robert Noyce memperloleh gelar doctor dan bekerja pertama kali sebagai insinyur penelitian di Philco Corporation yang berada di Philadelphia, Pennsylvania.

1953, ia menikah dengan seorang wanita yang bernama Elizabeth ‘Betty’ Bottomley yang lahir di Auburn, Massachusetts pada 7 Oktober 1930. Elizabeth merupakan anak dari Frank Bottemley dan Helen McLaren. Wanita lulusan Tuft University (1951) tersebut meninggal di Bremen, Lincoln County, Maine (18 September 1996). Dari pernikahannya dengan Elizabeth, Robert memiliki 4 orang anak.

1956, Robert meninggalkan Philco Corporation untuk bekerja di Laboratorium Shockley Semiconductor yang berada di Mountain View, California. Di tempat tersebut, ia bergabung dengan William Shockley di devisi Bechman Instrument namun pergi meninggalkan perusahaan di tahun 1957 dan mendapatkan julukan Delapan Pengkhianat karena tidak setuju dengan manajemen di Shocly dan kemudian membangun Fairchild Semiconductor.

18 Juli 1968, bersama dengan Gordon E. Moore, Robert mendirikan Intel Corb dan menjabat sebagai presiden direktur dan CEO hingga tahun 1975 dan menjadi ketua dewan periode 1975-1979. Pertama kali didirikan, Intel Corp bernama NM yang merupakan singkatan untuk Noyce dan Moore dengan Gordon Moore sebagai wakil Presdir eksekutif dan Rock sebagai pimpinan dewan direksi.

Intel Corp pertama kali didirikan di bengkel di Mountain View, California yang hanya berada di ujung jalan dari Fairchild Semiconductor dan Universitas Stanford dengan merekrut beberapa staf termasuk Andrew Grove. Intel harus bekerja dengan keras dan menghasilkan mikroprosesor Intel 4004 karena permintaan perusahaan Jepang dan ide dari Ted Hoff sebagai titik awal kejayaan Intel Corp.

Seiring dengan perkembangan Intel Corp, Robert Noyce akhirnya menikah dengan Ann Schmeltz Bowers setelah pada tahun 1996 Elizabeth meninggal.

Ann merupakan lulusan dari Cornell University (1959) dan University of Santa Clara dengan gelar Ph. D. Robert memegang 16 hak paten berdasarkan pada biografi IEEE, diantaranya yaitu metode semikonduktor, perangkat dan struktur, aplikasi photengraving, paten dasar yang berhubungan skema intekoneksi logam. Robert wafat karena serangan jantung dan dibawa ke Seton Medical Centerr, Austin, Texas pada 3 Juni 1990.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Presdir dan CEO Intel Corp Pertama, Robert Noyce

  1. Pingback: Tahukah Anda Siapa Penemu Ikan Mujair? | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *