Pria dan Wanita Memiliki Kromosom yang Berbeda

Pria dan Wanita Memiliki Kromosom yang Berbeda – Kromosom pria dan wanita merupakan kromosom yang sangat menentukan jenis kelamin pada satu organisme. Hal ini juga disebut sebagai gonosom. Ada begitu banyak model yang dimanfaatkan guna menentukan jenis kelamin organisme. Adapun sistem XY dimanfaatkan oleh manusia, beberapa tipe serangga, sebagian besar mamalia serta sejumlah tanaman. Untuk mekanisme yang lainnya adalah sistem ZW dan sistem XO.

1

Di dalam sistem XO, jenis kelamin akan ditentukan oleh ada atau tidaknya kehadiran kromosom X kedua serta dalam ZW, seks sangat tergantung temperatur. Dalam tubuh manusia 22 pasang adalah autosom serta satu pasang lainnya adalah gonosom hadir.

Kromosom X merupakan kromosom dari wanita, sementara kromosom Y adalah pria. Sehingga jika janin memiliki kromosom XX, dipastikan akan lahir wanita dan jika kromosomnya XY akan lahir pria. Maka dari itu sangat jelas bahwa faktor yang paling utama guna menentukan seks adalah terdapatnya kromosom Y.

Kromosom Pria

Kromosom Y atau kromosom pria memiliki kandungan banyak gen yang menjadi penentu berbagai macam karakteristik. Hal ini berisi mengenai genetik yang lebih sedikit dibandingkan kromosom X. Kromosom Y sendiri juga mengandung gen pria yang unik dan tidak hadir pada kromosom X.

Dimana salah satunya adalah gen SRY manusia. Akan tetapi memang tidak semua gen pria tertentu terletak dalam kromosom Y. Karena sejumlah laki-laki yang lahir sebagai XXY dapat menunjukkan sejumlah karakteristik fisiologis wanita.

Gangguan semacam ini dikenal dengan sindrom Kleinefelter. Sejumlah pria yang lahir dengan kromosom XYY dan dikenal sebagai orang super yang umumnya menunjukkan perilaku seorang lelaki agresif.

Sejumlah penyakit seks yang tertentu maupun seks terkait. Banyak diantaranya merupakan fenotip yang diamati pada laki-laki. Perbedaan pada jenis kelamin seperti pertumbuhan payudara, adanya pengembangan kelenjar susu, tubuh, pertumbuhan alat kelamin dan lain sebagainya dapat terjadi, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Perbedaan jenis kelamin secara Direct yang diamati sejak lahir serta sebelum pubertas ditentukan kromosom Y. Sedang perbedaan sek tidak langsung di hasilkan dari hormon.

Kromosom wanita

Koromosom Y yang dikenal sebagai kromosom wanita juga memiliki kandungan banyak gen dengan tanggung jawab kedua karakteristik seksual maupun non seksual.

Terdapat banyak penyakit dengan pengamatan fenotip pada laki-laki yang sebenarnya tersembunyi pada wanita karena ada kehadiran 2 kromosom X, jadi membuat mereka membawa begitu banyak penyakit seks terkait. Kelainan pada genetik ini ditentukan gen X yang dikenal dengan penyakit X-linked.

Jika seorang wanita nyatanya memiliki kromosom XXX, maka dikenal memiliki sindrom triple X yang akan membuat wanita memiliki IQ rata-rata serta biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan para wanita lainnya. Sementara wanita dengan hanya satu kromosom X dikenal dengan sindrom Turner yang membuatnya lebih pendek, kurang subur dengan tingkat IQ dibawah rata-rata. Kromosom X disini lebih besar dibanding kromosom Y.

Perbedaan kromosom X dan Y

  1. Pada manusia, wanita lahir jika ke-2 kromosom X sementara pria dari kromosom X dan Y.
  2. Kromosom Y lebih kecil dari kromosom X.
  3. 2 kromosom X memiliki pasangan lengkap kromosom, tapi X dan Y suda memiliki kromosom dengan pasangan lengkap karena Y lebih kecil.
  4. Kromosom Y memiliki kurang dari 10 gen yang bekerja sedangkan kromosom X memiliki lebih dari 1000 gen bekerja.
  5. Kelainan seks terhubung langsung ke kromosom Y dan X berbeda.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *