Profesor Sir Timothy John Berners-Lee, Penemu World Wide Web (WWW)

Profesor Sir Timothy John Berners-Lee, Penemu World Wide Web (WWW) – Sir Timothy John Berners-Lee juga dikenal dengan panggilan TimBL. Sir Timothy John Berners-Lee lahir pada tanggal 8 Juni 1955. Sir Timothy John Berners-Lee merupakan seorang peneliti computer asal Inggris. Sir Timothy John Berners-Lee banyak dikenal sebagai penemu World Wide Web.

Sir Timothy John Berners-Lee membuat sebuah proposal untuk system manajemen informasi di bulan Maret 1989 dan Sir Timothy John Berners-Lee mengimplementasikan komunikasi pertama yang berhasil antara client HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dengan server melalui internet sekitar pertengahan bulan November 1989.

Sir Timothy John Berners-Lee merupakan direktur W3C (World Wide Web Consortium), yang mengatur pengembangan kelanjutan Web. Sir Timothy John Berners-Lee juga mendiri World Wide Web Foundation dan seorang peneliti senior dan pemilik

Founders Chair pada CSAIL (MIT Computer Science and Artificial Intelegence Laboratory). Sir Timothy John Berners-Lee juga merupakan direktur dari WSRI (Web Science Research Initiative dan seorang anggota dari badan penasehat dari MIT Center for Collective Intelligence. Pada tahun 2011, Sir Timothy John Berners-Lee disebut sebagai anggota Broad of Trustees dari Ford Foundation.

Pada tahun 2014, Sir Timothy John Berners-Lee diberi gelar abngsawan oleh Elizabeth II karena pekerjaan perintisnya untuk pelayanannya dalam pengembangan interner secara global. Pada bulan April 2009, Sir Timothy John Berners-Lee dipilih seorang rekan luar negeri dari United State National Academy ofSciences.

Sir Timothy John Berners-Lee dihargai sebagai penemu World Wide Web selama upacara pembukaan Summer Olympic tahun 2012 dimana ia hadir dengan sebuah model baru NeXT Computer di London Olympic Stadium. NeXT Computer yang digunakan oleh Sir Timothy John Berners-Lee di CERN menjadi web server pertama di dunia.

Pada tanggal 13 Juni 2007, Sir Timothy John Berners-Lee menerima Order of Merit menjadi satu dari 24 anggota lainnya yang mendapatkan gelar ini dan menggunakan gelar O.M setelah namanya.

Pada bulan Juni 2009 perdana menteri Inggris Gordon Brown mengumumkan Sir Timothy John Berners-Lee akan bekerja dengan pemerintah kerajaan inggris untuk membantu membuat data lebih terbuka dan dapat diakses di web, dibangun pada Power of Information Task Force. Sir Timothy John Berners-Lee dan professor Nigel Shadbolt merupakan dua tokoh penting dibalik data.gov.uk, yang merupakan proyek pemerintah Inggris untuk membuka hamper semua data yang diperoleh untuk tujuan resmi secara gratis.

Pada bulan November 2009, Sir Timothy John Berners-Lee meluncurkan World Wide Web Foundation dengan tujuan memajukan Web untuk member wewenang kepada semua manusia dengan meluncurkan program transformative yang membangun kapasitas local untuk memanfaatkan Web sebagai sebuah media untuk perubahan positif.

A4AI (Alliance for Affordable Internet diluncurkan di bulan Oktober 2013 dan Sir Timothy John Berners-Lee merupakan pemimpin koalisi organisasi publik dan orivate termasuk Google, Facebook, Intel dan Microsoft. A4AI mecoba membuat akses internet lebih terbuka sehingga akses diperluas dalam dunia yang berkembang saat ini.

Baca juga : Penemu Modem Komputer, Dennis Hayes

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *