Prosedur Menanam Bibit Anggrek di dalam botol

Prosedur Menanam Bibit Anggrek di dalam botol – Anggrek adalah salah satu dari berbagai bunga yang tumbuh di Indonesia. Selain banyak tumbuh anggrek juga memiliki daya tarik sendiri, hal ini dibuktikan dengan banyaknya penggemar dari bunga ini terutama dari kalangan perempuan. Bunga anggrek memiliki daya tarik sendiri dimata peminatnya, selain memiliki berbagai macam warna yang indah anggrek juga memiliki berbagai macam bentuk yang menarik. Bunga anggrek sendiri dapat digunakan sebagai tanaman di taman atau halaman rumam juga dapat digunakan sebagai penghias dalam sebuah ruangan, biasanya ruang tamu.

Untitled

Simak beberapa cara berikut untuk menanam anggrek pada sebuah botol. Harga dari bibitanggrek sendiri juga bervariasi yakni kisaran 25rb – 30rb per botolnya.

LANGKAH – LANGKAH PENANAMAN ANGGREK PADA MEDIA BOTOL

  1. Pensterilan botoldan benih

Pensterilan botol ini bertujuan untuk membersihkan kotoran pada botol dan menghilangkan kandungan bahan bahan kimia yang ada didalamnya. Cara untuk pensterilan ini adalah dengan merendam botol pada larutan air kaporit dengan jumlah takaran 100cc air untuk tiap 10 gram penggunaan kaporit. Kemudian saring air kaporit menggunakan kertas filter. Setelah itu bijianggrek dimasukkan ke dalam larutan kaporit kemudian dimasukkan ke dalam botol. Setelah kurang lebih selama 10 menit air kaporit dibuang dan digantikan dengan aquades. Lagu gojog lagi. Lakukan secara berulang ulang sebanyak 2-3 kali.

  1. Menyemaikan benih

Langkah pertama untuk menyemaikan benih adalah memilih biji anggrek yang baik dengan menggunakan mikroskop, apbila isinya kosong biji akan berwarna putih, jika kosong makan berwarna coklat/kunig/warna lain. Kemudian siapkan botol yang berukuran lebig besar dan juga sudah dibersihkan. Pilih botol yang tidak berwarna agar cahaya matahari dapat masuk kedalam botol dan agar terlihat jelas pertumbuhan dari biji anggrek. Kemudian tutup botoldengan menggunakan kapas yang digulung sampai keras. Ikat dengan tali pada bagian ujungnya agar mudah dilepas nantinya. Tutup botol dengan rapat agar botol terhindar dari masuknya jamur maupun bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan dari anggrek.

  1. Menyiapkan media tanam untuk anggrek

Untuk menanam anggrek dari botol untuk kemudian membuat media tanam, biasanya media tanam yang digunakan untuk anggrek menggunakan resep khudson C (NORTHEN) 12. Yaitu :

–         Ca (NO3) 2H2O           : 1 gram

–         MgSD47H2D                           : kurang lebih 0,25 gr

–         KH2PO4                                   : kurang lebih 0,25 gr

–         (NH4) 2SO4                             : kurang lebih 0,25 gr

–        FeSO4 4 H2O                           : kurang lebih 0,25 gr

–         Saccharose                               : 20 gram

–         MnSO4                                    : kurang lebih 0,0075 gr

–         Akuades                                   : 1000 cc

–         Agar-agar                               : 15 sampai 17,5 gr

  1. menanamanggrek dari botol

untuk memindahkan tanaman anggrek dari botol ke pot penyemaian hal hal yang harus diperhatikan adalah kondisi anggrek yang berada dalam botol sudah dapat dipindahkan ke pot penyemaian. Setelah anggrek dalam botol sudah berkembang pindahkan bibit anggrekke dalam pot yang sudah dilubangi. Tambahkan pecahan genteng pada dasar pot serta potongan akar pakis yang berwarna coklat dengan ukuran 5-30 mm. Yang perlu diperhatikan juga adalah media tanam harus dicuci terlebih dahulu sebelum dgunakan, serta biarkan airnya sudah kering atau hilang. Akar pakis juga harus direndam dalam campuran media selama kurang lebih 24 jam. Campuran media ini terdiri dari urea sebanyak 0,5 gr, 0,25 gr kalium sulfat dan 1000 cc air. Kemudian setelah itu tanaman anggrek dapat dipindahkan pada media.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *