Proses dan Tahapan Transkripsi Sel

Proses dan Tahapan Transkripsi Sel – Transkripsi sel adalah salah satu proses biologi yang terjadi di dalam tubuh sel untuk memproduksi helai RNA. Kegiatan transkripsi sel sendiri tidak hanya terjadi pada sel tertentu saja melainkan terjadi pada semua sel yang ada di dalam tubuh.

1

Proses transkripsi bisa terjadi karena pada DNA terdapat sebuah sel yang bertugas melakukan transkripsi sel tersebut. Sel yang memiliki tugas khusus tersebut bertugas untuk menentukan urutan nukleotida di dalam RNA sehingga akan membentuk rantai RNA.

Gabungan dari nukleotida tersebutlah yang akan membentuk RNA secara utuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Proses transkripsi sel bahkan bisa terjadi di bagian sel manapun, bisa terjadi di bagian inti sel dan bisa pula di bagian sitoplasma.

Transkripsi sel yang terjadi di bagian inti sel adalah jenis sel eukariota yang mana organel sel mengandung membran terikat. Sementara untuk transkripsi sel di sitoplasma terjadi pada jenis sel prokariota. Proses terjadinya bisa terjadi karena tidak adanya organel seperti di sel eukariota.

Setiap gen memiliki jenis protein yang berbeda, dan protein inilah yang ikut memberikan pengaruh terhadap proses transkripsi sel. Gen yang memiliki protein berbeda akan memiliki sel yang berbeda pula, dan pembentukan protein ini memiliki proses tersendiri.

Adapun proses tersebut meliputi pembuatan protein di dalam sitoplasma. Kebutuhan protein dasar yang diperlukan ialah Messenger RNA, Ribosom RNA, dan juga RNA Transfer.

Proses yang terjadi selama transkripsi DNA

Ada beberapa langkah yang terjadi di dalam proses transkripsi DNA dan berlangsung secara bertahap, yaitu:

  1. Proses Inisiasi

Proses Inisiasi adalah tahapan transkripsi DNA yang terjadi di dalam enzim Polimerase, dan pengaturannya dipengaruhi oleh Nukleotida. Nukleotida inilah yang akan menentukan dimana terjadinya proses awal hingga akhir dari Inisiasi yang terjadi.

  1. Proses Elongasi

Protein yang bertugas untuk menguraikan untaian rantai DNA akan bekerja lebih optimal di tahapan ini. Enzim yang dimiliki oleh rantai RNA inilah yang pada akhirnya akan menentukan apakah rantai DNA akan terbentuk ganda ataukah menjadi rantai tunggal. Untai rantai RNA ini disebut sebagai Messenger RNA atau mRNA.

  1. Proses Terminasi

Proses Terminasi terjadi karena enzim rantai RNA yang telah melalui tahapan Elongasi menemukan kodon terminator. Proses selanjutnya ialah enzim RNA kemudian melepaskan mRNA dan kemudian mulai melepaskan diri dari rantai DNA.

Langkah-langkah proses transkripsi sel tersebut disebut sebagai RNA Polimerase, molekul yang dimiliki kemudian mulai mengikat molekul yang diproduksi oleh DNA. Pengikatan molekul DNA ternyata tidak bisa terjadi di sembarang titik, hanya pada titik tertentu dengan kondisi tertentu pula.

Titik-titik yang menjadi lokasi pengikatan molekul DNA ini kemudian disebut sebagai titik Promotor, yang kemudian terjadi pembukaan pada rantai DNA ganda. Pembukaan rantai ganda ini kemudian menjadikan DNA tersusun oleh rantai tunggal dan menjadi tempat molekul RNA untuk melakukan transkripsi sel.

Rantai tunggal yang terbentuk dari rantai ganda DNA ini akan menjadi pencetak rantai RNA yang baru sebagai hasil dari proses transkripsi sel. Penggabungan antara molekul DNA dan RNA ini kemudian untai RNA baru dengan Nukleotida yang baru pula.

Pembentukan Nukleotida RNA ini memang tidak bisa terjadi sepenuhnya hanya kepada molekul yang bertemu dengan molekul lain yang sesuai. Tahap selanjutnya ialah terbentuknya enzim-enzim seperti Guanin, Sitosin, Timin, dan juga Adenin yang saling mengikat dan membentuk anak tangga baik di DNA maupun di RNA.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Proses dan Tahapan Transkripsi Sel

  1. Pingback: Proses Transkripsi pada Sel Prokariotik | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Mekanisme yang Terjadi dalam Sintesis Protein | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *