Proses Pembentukan dan Pertumbuhan Organisasi ASEAN

Pada tahun 1967 negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan juga Thailand mendirikan ASEAN atau tepatnya pada tanggal 8 Agustus 1967. Terbentuknya persatuan antar negara di Asia ini memiliki tujuan untuk membentuk akselerasi dari segala bidang.

fi 102

Diharapkan dengan adanya badan resmi ini setiap anggota negara yang bergabung bisa memiliki pertumbuhan ekonomi, sosial, sekaligus evolusi terhadap kebudayaan yang baik. Lewat ASEAN pula diharapkan mampu menjaga perdamaian antar negara yang bergabung dan mampu menyelesaikan setiap persoalan yang timbul dengan jalan berdiskusi.

Perjalanan Berdirinya Organisasi ASEAN

Sebelum ASEAN terbentuk oleh negara Filipina, Thailand, dan juga Malaysia sudah memiliki organisasi serupa. Adapun nama organisasi tersebut adalah Association of Southeast Asia (ASA) yang mulai dibentuk pada tahun 1961. Kemudian pada tahun 1967 ada beberapa negara yang masuk dan organisasi tersebut mengalami proses inagurasi. Masuknya negara Indonesia dan juga Singapura menjadikan organisasi tersebut semakin berkembang.

Pertemuan pun dilakukan di Thailand, tepatnya di Gedung Urusan Luar Negeri yang dihadiri oleh para menteri luar negeri setiap negara. Adapun yang hadir pada pertemuan tersebut adalah:

  1. Menteri Abdul Razak dari negara Malaysia.
  2. Menteri Abdul Malik dari negara Indonesia.
  3. Menteri Narciso Ramos dari negara Filipina.
  4. Menteri S. Rajaratman dari negara Singapura, dan
  5. Menteri Thanat Khoman dari negara Thailand.

Terbentuknya ASEAN memiliki motivasi untuk meningkatkan keamanan negara, pertumbuhan ekonomi, dan melawan pertumbuhan komunisme. Bergabungnya negara Brunei Darussalam tepatnya pada tanggal 9 Januari 1984. Menjadi negara ke-6 yang bergabung usai mendapatkan pengakuan kemerdekaan, tepatnya satu minggu setelah proklamasi. Organisasi ASEAN seiring berjalannya waktu terus tumbuh dan jumlah anggota yang bergabung semakin banyak.

Negara yang Kemudian Bergabung di ASEAN

Adapun beberapa negara yang kemudian ikut bergabung dalam organisasi ASEAN antara lain:

  1. Negara Vietnam, yang memutuskan untuk ikut bergabung pada tanggal 28 Juli 1995.
  2. Negara Laos dan juga Myanmar atau Burma bergabung bersamaan pada tanggal 23 Juli 1997.
  3. Negara Kamboja yang resmi bergabung pada tanggal 30 April 1999 yang sebelumnya sudah pernah ingin bergabung namun gagal karena adanya konflik internal.

Perkembangan ASEAN menjadi semakin pesat dan juga kuat dengan semakin banyaknya negara di Asia Tenggara yang ikut bergabung. Kemudian ada beberapa negara baru yang terbentuk dan merdeka juga ikut bergabung, sebut saja Timor Leste dan juga Papua Nugini. Ada beberapa perjanjian penting yang terbentuk atau tertulis untuk mengambil keputusan damai antar beberapa negara yang sempat mengalami perselisihan.

Kemudian pada tahun 2007 ASEAN merayakan hubungan diplomatik yang terjalin apik dengan negara adidaya, Amerika Serikat. Adanya perjanjian dagang bebas yang akan melibatkan Amerika dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *