Proses Respirasi Fisiologis dan Respirasi Sel Pada Makhluk Hidup

Dalam pelajaran Biologi, tentunya Anda sudah pernah mendengar tentang proses respirasi. Proses ini sendiri bisa mengacu pada dua hal yang berbeda, yaitu respirasi secara fisiologis, dan respirasi seluler. Meski berbeda, kedua proses tersebut semuanya masih menyangkut tentang kelangsungan hidup makhluk hidup, dan juga fungsi sel.

fu 103

Respirasi ini sendiri selalu berhubungan dengan pembangkit energi, yang akan digunakan oleh sel-sel di tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Secara singkatnya, respirasi fisiologis adalah proses di mana makhluk hidup yang membutuhkan oksigen untuk tetap hidup menghirupnya, dan dalam prosesnya mengeluarkan karbon dioksida sebagai gantinya.

Sementara respirasi selular adalah proses yang melibatkan rangkaian reaksi biokimia, yang akan membuat sel menghasilkan energi untuk tetap bisa berfungsi dengan baik.

Respirasi fisiologis

Proses respirasi fisiologis berikut ini akan berfokus pada respirasi yang terjadi pada manusia dan makhluk mamalia lainnya. Hal ini mencakup perjalanan oksigen dari saat dihirup oleh manusia, masuk ke dalam paru-paru, dan kemudian diserap oleh organ tubuh manusia dan jaringannya. Selain itu, hasil pernafasan, yaitu karbon dioksida, juga akan dibahas.

Berikut adalah tahap-tahap respirasi fisiologis dalam tubuh manusia:

  1. Ventilasi
  • Di tahap awal ini, ventilasi mempunyai pengertian proses terjadinya pertukaran antara udara luar dari atmosfer dengan alveoli paru-paru.
  • Terdiri dari masuknya udara ke dalam paru-paru (inspirasi), dan keluarnya udara dari paru-paru (eskpirasi).
  • Proses ini bisa terjadi lantaran ada perubahan tekanan pada intra plumonal.
  • Saat pernapasan berlangsung, alveoli berkontraksi dengan oksigen, dan melepaskan karbon dioksida.
  1. Pertukaran gas di paru-paru
  • Oksigen di alveoli akan masuk ke sistem pembuluh darah lewat kapiler di paru-paru.
  • Alveoli dan kapiler paru terpisah karena penghalang yang tebalnya hanya 2 sel.
  • Begitu oksigen melintasi penghalang tersebut, maka molekulnya akan terikat ke hemoglobin di sel darah merah.
  1. Transportasi gas
  • Proses ini dimulai dari kapiler paru.
  • Oksigen yang sudah terikat di hemoglobin bergerak menuju kapiler yang berada di seluruh tubuh, melalui sistem pembuluh darah.
  • Oksigen ini yang akan membuat pembuluh kapiler itu sendiri, organ-organ tubuh, kelenjar, dan juga berbagai jaringan di tubuh, tetap berfungsi,
  1. Pertukaran gas perifer
  • Merupakan tahap respirasi fisiologis terakhir.
  • Oksigen masuk dari pembuluh darah halus menuju ke dalam sel, dan di sini terjadi difusi yang mirip dengan yang terjadi di alveoli paru-paru.
  • Sisa dari proses, yaitu gas limbah seperti karbon dioksida, akan dikeluarkan dari sel tubuh, masuk ke dalam kapiler, dan kembali bergerak menuju paru-paru.
  • Di paru-paru, karbon dioksida ini kemudian dilepaskan keluar.

Perlu diperhatikan, respirasi fisiologis semacam ini tidak hanya eksklusif bagi organisme yang mempunyai paru-paru. Ikan menggunakan insangnya, amfibi dengan kulit, dan tanaman dengan fotosintesa.

Respirasi Sel

Proses di mana oksigen akan bereaksi dan membuat sel menghasilkan energi supaya bisa tetap hidup. Disebut juga metabolisme oksidatif, reaksi ini memproduksi molekul penuh energi yang disebut dengan adenosin trifosfat (ATP).

Respirasi aerobik sel terjadi dalam 3 tahap:

  1. Glikolisis, nutrisi dari makanan masuk sitoplasma, memecah glukosa.
  2. Siklus Krebs, molekul yang disebut piruvat menuju mitokondria, dan diubah jadi molekul 2-karbon.
  3. Rantai transpor elektron, glukosa diubah ke ATP yang penuh energi, dengan bantuan oksigen.

Respirasi anaerobik berarti respirasi yang tidak perlu oksigen, dan biasanya terjadi pada bakteri dan organisme sejenis. Alih-alih oksigen, mereka menggunakan belerang atau nitrat sebagai gantinya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *