Proses Terjadinya Gunung Berapi

Tidak semua gunung di dunia adalah gunung berapi. Di Indonesia sendiri—yang merupakan daerah yang dikenal sebagai ring of fire—banyak terdapat gunung berapi. Gunung berapi (aktif) di Indonesia sebagian besar berada di jalur pertemuan lempeng tektonik.

Gunung berapi didefinisikan sebagai gunung yang terbentuk akibat adanya erupsi magma yang telah menumpuk di pusat erupsi. Gunung berapi hanya terdapat pada jalur pertemuan antara dua lempeng kerak bumi, dan hot spot (titik panas) tempat keluarnya magma yang terdapat di benua dan samudera.

l 46

Proses terbentuknya gunung berapi

Gunung berapi terbentuk dari material-material padat seperti batuan yang kemudian mencair karena tingginya suhu di bawah kerak bumi. Batuan yang mencair ini disebut magma.

Menurut penelitian, magma terbentuk antara 80 km – 160 km di bawah permukaan bumi. Karena berbagai tekanan akibat panas dan kurangnya ruang, akhirnya magma yang telah terkumpul akan naik ke permukaan bumi setelah mendapatkan jalan keluar.

Jalan keluarnya adalah melalui rekahan atau lorong gunung berapi. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi dan mengalir keluar ini disebut sebagai lava.

Para ahli telah mengemukakan teori lempeng tektonik untuk menjelaskan proses terbentuknya gunung berapi. Gunung berapi bisa terbentuk apabila terjadi dua pertemuan dua lempeng (plat). Pertemuan ini menimbulkan salah satu plat jatuh ke bawah plat lainnya sehingga saling menindih.

Daerah yang terbenam di bawah akan menjadi cair disebabkan oleh suhu di bawah kerak bumi sangat panas. Cairan panas ini akan berkumpul dan menambah magma yang sudah terbentuk di mantel bumi. Keadaan ini menimbulkan semakin banyaknya tekanan sehingga mereka akan mencari jalan keluar ke permukaan bumi dan menjadi gunung berapi.

Baca Artikel Liannya :

Gunung berapi juga dapat terbentuk di tengah lautan. Contohnya adalah Gunung Krakatau.

Sebagian besar gunung berapi terbentuk di tengah plat. Para ahli telah menjelaskan bahwa magma panas naik secara perlahan ke permukaan bumi sekitar 13 cm – 15 cm per-tahunnya.

Apabila kumpulan magma panas ini naik ke permukaan bumi, disinilah gunung berapi akan terbentuk. Proses ini melalui titik panas yang disebut sebagai hotspot.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *