Pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang Wajib Anda Kunjungi

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah utara Jakarta. Jumlah Kepualauan Seribu bukan berarti berjumlah seribu, tapi sesungguhnya jumlahnya ada 342 pulau. Diantara 342 pulau tersebut, tidak semua ada penduduknya dan bisa dihuni oleh manusia karena luas pulaunya yang terlalu kecil.

Diantara banyaknya jumlah Kepulauan Seribu, ada beberapa pulau yang namanya terdengar asing di telinga kita namun layak sekali untuk dikunjungi diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Pulau Semak Daun

Pulau yang satu ini sangat cocok buat anda yang ingin merasakan tinggal di Pulau tak berpenghuni Di pulau ini tidak ada listrik dan juga penginapan. Bila ingin bermalam di pulau ini, anda harus menggunakan tenda. Dengan menginap di pulau ini anda  akan merasakan sensasi tinggal di alam.

a 51

Gambar 1.1 Pulau Semak Daun

Kondisi pantainya yang berpasir putih, air birunya serta kondisi alam bawah lautnya yang masih alami, membuat Pulau Semak Daun menjadi pulau tercantik di Kepulauan Seribu. Lebih seru jika anda pergi ke Pulau Semak Daun ini bersama teman atau rekan anda, semakin rame akan semakin seru.

2. Pulau Putri

Pulau Putri tidak kalah bagusnya dengan pulau seribu lainnya. Membutuhkan waktu 90 menit dari Jakarta untuk bisa sampai ke pulau Putri. Di pulau Putri sudah terdapat 70 cottage yang bisa digunakan untuk bermalam para wisatawan. Wisatawan di pulau Putri bisa melihat pemandangan sunset yang begitu cantik menggunakan perahu.

Yang membuat pulau ini berbeda dari Pulau Seribu lainnya, pulau Putri memiliki wisata aquarium bawah laut yang pemandangannya indah sekali. Oleh karena itu Pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

a 52

Gambar 1.2 Pemandangan Pulau Putri

 a 53

Gambar 1.3 Pemandangan Aquarium bawah laut Pulau Putri

3. Pulau Harapan

Untuk mencapai Pulau Harapan, dibutuhkan waktu kurang lebih 90 menit dari Ancol, Jakarta. Di kawasan Kepulauan Seribu, pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat penyelam betah berlama-lama di dalam air.

Pemandangan lautnya yang berwarna biru jernih membuat anda tidak ingin beranjak dari pulau ini. Di sekitar pulau Harapan juga terdapat penangkaran salah satu jenis elang langka yakni Elang Bondol. Ini yang membuat Pulau Harapan berbeda dengan pulau seribu lainnya.

Tidak perlu kawatir, banyak paket wisata dan tour yang menawarkan berbagai macam paket penginapan di Pulau Harapan ini.

a 54

Gambar 1.6 Pemandangan Pulau Harapan

4. Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan salah satu pulau di kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar. Terdapat 45 cottage di Pulau Ayer ini baik cottage di darat maupun di atas laut. Jika anda memilih untuk menginap di cottage laut, maka anda akan sering mendengar deburan ombak yang menenangkan suasana hati.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu anda juga bisa memancing langsung dari teras cottage tersebut. Fasilitas di Pulau ini sangat lengkap diantaranya restoran, dermaga pancing, water sport, karaoke room, dan kolam renang. Tak heran jika sangat banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini.

a 55

Gambar 1.7 Pemandangan cottage pulau Ayer

Ada baiknya sebelum memutuskan berlibur ke Pulau-Pulau tersebut, terlebih dahulu anda membooking paket wisata dan penginapan jika anda ingin menginap dari jauh-jauh hari. Karena jika musim liburan tiba, pasti sangat banyak masyarakat yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *