Ragam Kesenian Khas Jawa Timur yang Wajib Dilestarikan

Ragam Kesenian Khas Jawa Timur yang Wajib Dilestarikan – Kesenian adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan seni. Setiap daerah selalu memiliki jenis kesenian tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Untitled

Salah satu daerah yang masih kental dengan kesenian tradisionalnya adalah daerah Jawa Timur.Dimana, provinsi Jawa Timur mempunyai beberapa kesenian khas yang masih dilestarikan sampai saat ini.

Kesenian tradisional yang masih dilestarikan ini membuat daerah lain merasa kagum dengan kelestarian seni tersebut.

Masyarakat Jawa Timur melestarikan seni budayanya dengan mengajari pada generasi muda sehingga hampir semua generasi muda ikut menjaga kelesatarian tersebut.

Salah satu kesenian Jawa Timur yang terkenal adalah wayang kulit, dimana wayang yang dimainkan oleh dalang ini mampu melesat hingga keluar daerah pulau Jawa salah satunya Bali. Dari daerah Bali wayang menjadi kesenian terkenal hingga manca negara.

Dengan berkembangkan kesenian wayang kulit hingga pada manca negara memunculkan sebuah hal baru yakni, adanya dalang yang berasal dari luar negeri. Orang tersebut sengaja untuk bersekolah dalang sehingga bisa terkenal dalam memainkan seni Jawa Timur.

Selain wayang ada juga kesenia Jawa Timur yang tidak kalah populernya yakni Ludruk, merupaka sni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki – laki.

Berbeda dengan ketoprak yang menceritakan kehidupan istana atau kerjaan dalam masa sejarah. Karena, ludruk ini menceritakan kehidupan sehari – hari dengan inti permainan sebuah drama yang penuh dengan kelucuan.

Jadi, ludruk itu dimainkan untuk menghibur sehingga komedian yang bermain berperan untuk memainkan sebuah alur, yang memang sebelumnya sudah direncanakan.

Baca Artikel Lainnya :

Kesenia Jawa Timur yang ketiga ini juga sangat populer yaitu Kuda Lumping. Kesenian ini dimainkan oleh laki–laki ataupun perempuan yang bergoyang dengan menunggangi kuda lumping.Didalam kesenian ini terdapat peristiwa menyeramkan yaitu pemain kuda lumping bisa mengalami kesurupan saat bermain.

Pada saat kesurupan pemain ini bisa, meminta berbagai hal yang diinginkan tanpa mereka sadar. Jadi, dibawah alam sadar sejatinya hanyalah setan yang merasuki tubuhnya meminta sesuatu sehingga mereka harus menyantapnya bisa api panas ayam hidup ataupun sekedar bunga segar.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Ragam Kesenian Khas Jawa Timur yang Wajib Dilestarikan

  1. Dedy Akas Website

    Hallo Mas Joko
    Di Indonesia memang sangat budaya dan kesenian ya…
    Juga sangat wajib di lestarikan dan terus di jaga…
    Agar para anak cucu kelak masih bisa terus mengikuti budaya tersebut… 😀
    Salam,

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *