Ragam Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan – Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan sejak dulu sebagai salah satu bahan untuk obat tradisional. dahulu kala temulawak digunakan sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan.

a

Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. tanaman ini asli dari indonesia yakni berasal dari jawa yang kemudian menyebar dari sabang hingga marauke, kemudahan tumbuh tanaman ini menjadikannya mudah untuk tumbuh dengan segala kondisi jenis tanah di hampir seluruh wilayah indonesia.

Temulawak ini bisa tumbuh baik pada dataran rendah yang mempunyai ketinggihan maksimal 1500 m DPL. habitat yang optimum untuk tanaman ini adalah hutan trofis. tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 2 m dan juga memiliki rimpang yang berabang-cabang dengan warna coklat gelap.

Banyak sekali kandungan dalam temulawak sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman obat yang berguna untuk kesehatan, berikut beberapa kandungan temulawak yang bisa jokowarino.id sampaikan, yaitu :

Serat

kandungan temulawak yang pertama adalah Serat yang sangat berguna untuk kebugaran badan atau tubuh kita.

Minyak atsiri

Temulawak juga dikenal mengandung minyak atsiri yang mana kandungannya mencapai 6 – 10% , yang sangat membantu menjaga ginjal.

Phelandren

Sangat berfungsi merangsang keluarnya toksin melalui air seni atau kencing

Borneol

Senyawa Borneol berfungsi untuk memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit yang diderita seseorang.

Turmerol dan pati

Temulawak di ketahui mengandung turmerol dan juga pati yang berfungsi mengatasi masalah pencernaan. So, bagi siapa saja yang menderita penyakit atau gangguan pada pecernaan bisa mengosumsi atau megolah temulawak untuk obatnya. dengan mengosuksi temulawak ini juga bisa meningkatkan nafsu makan pada anak.

Kurkumin

Kurkumin merupakan salah satu senyawa kimia yang terdapat pada temulawak yang bisa mencegah dan mengobati penyakit kangker. yaitu dengan cara megkkosumsi 500 gram setiap harinya bisa diseduh atau atau bisa dikosumsi secara langsung, selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah dan menurunkan lemak didalam tubuh.

Zat kalagoga

Menurut beberapa ppenelitihan ternyata temulawak juga mengandung zat kalagoga yang sangat berfungsi untuk mengurangi kerja enzim glutanate piruvat transaminase danjuga  enzim glutamate. dengan demikian dapat menjaga kesehatan hati kita.

Manfaat temulawak secara Umum, yaitu :

Meningkatkan nafsu makan

kandungan inyak atsiri yang terdapat di dalamnya mepunyai sifat karminativum yang sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan baik untuk anak ataupun untuk orang dewasa.

Dapat Mencegah penggumpalan darah

Kandungan kurkumin bisa dijadikan sebagai penghambat dalam pembentukan tromboksan B-2 (berfungsi menggumpalkan darah).

Melancarkan ASI

Temulawak juga bisa melancarkan ASI yaitu dengan cara menyiapkan 20 gram rimmpang temulawak kemudian diparut, diiperas dan juga disaring. setelah itu silahkan masak hingga menddih dan didinginkan. minumlah dengan mencampur 1 atau 2 sendok madu yanng diminum pagi dan sore.

Mengurangi radang sendi dan nyeri

Dengan adanya senyawa kurkumin temmulawak diketahui dapat mengurangi radang sendi dan nyeri yang biasaya diderita oleh orang tua kita.

Itulah beberapa khasiat temulawak yang bisa dimanfaatkan untuk kita semuanya dalam menjaga kesehatan. semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat untuk semuanya, salam sukses selalu..

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Ragam Manfaat dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Kandungan dan Manfaat Super Wortel untuk Kecantikan dan Kesehatan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *