Ragam Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Kita

Ragam Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Kita – Pernahkah Anda memikirkan apa yang akan terjadi jika keberadaan hutan yang ada di seluruh dunia menghilang? Jika yang ada di dalam pikiran Anda adalah beberapa hal buruk maka mulai saat inilah Anda harus ikut berperan aktif memikirkan hal kecil dalam upaya melindungi hutan kita yang mengalami penurunan pada setiap harinya.

Untitled

Penebangan hutan yang cukup drastic terutama di Indonesia menimbulkan beberapa dampak buruk yang akan dialami oleh penerus bangsa mungkin pada beberapa waktu mendatang. Hutan belantara sejatinya memiliki banyak manfaat lebih ketimbang diolah menjadi pemukiman. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hutan yang memiliki nilai lebih dari pada digunakan sebagai pemukiman penduduk.

Fungsi Hutan Sebagai Penyerap Karbondioksida

Sudah bukan menjadi rahasia umum memang jika pohon memiliki fungsi sebagai penyerap dari karbondioksida. Gas karbondioksida yang diserap oleh tumbuhan ini pada nantinya akan diubah oleh para pepohonan untuk menjadi oksigen yang berguna bagi kelangsungan kehidupan manusia. Dalam kata lain hutan memang memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengurangi jumlah gas karbondioksida yang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Hutan Sebagai Sumber Kehidupan

Tidak banyak yang mengetahui memang jika bagi sebagian orang yang berada di daerah pinggiran memiliki ketergantungan yang lebih dengan lingkungan hutan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penduduk dari Indonesia yang mengambil beberapa hasil hutan untuk kehidupan mereka seperti berburu atau juga mendapatkan sumber air maupun sumber bahan makanan. Selain itu terdapat pula beberapa hewan dan juga tumbuhan yang hanya bisa melangsungkan kehidupannya di dalam hutan.

Pencegah Banjir

Rasanya telah berulang kali memang dijelaskan jika hutan dapat menahan air untuk tidak menimbulkan banjir. Hal ini terbukti dengan adanya banyak pepohonan atau hutan maka di daerah tersebut akan jarang didapati terjadinya banjir. Hutan sebagai salah satu tempat yang menjadi resapan air ini memiliki andil yang cukup besar dalam mencegah adanya bencana banjir ketika hujan deras datang menghadang.

Sumber Air Cadangan

Hutan yang menyerap beberapa hasil dari air hujan juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai salah satu sumber air bagi bersih bagi masyarakat. Hal ini terbukti dari adanya beberapa sumber air yang bersih dan jernih biasanya berada di daerah pegunungan. Bahkan beberapa produk dari air kemasan juga menggunakan olahan dari air hutan ini sebagai salah satu sumber air andalan mereka.

Sebagai Pengatur Iklim

Jika suatu Negara memiliki jumlah hutan yang cukup maka bisa dipastikan bahwa Negara tersebut biasanya memiliki iklim yang segar dan juga sejuk. Hal ini dapat terjadi karena hutan bisa menyerap udara karbondioksida dan menggantikannya dengan oksigen. Maka tidak heran ketika Anda berkunjung ke pegunungan maka biasanya hawa sejuk dapat dengan mudah Anda rasakan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *