Rahasia Buah Pir

Buah adalah salah satu hal yang diyakini dapat menjaga kesehatan tubuh kita jika di konsumsi secara rutin. Dengan kandungan yang dimiliki oleh masing- masing buah, sangat banyak pula penyakit yang dapat disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi buah- buahan tertentu secara teratur. Begitu juga dengan buah pir yang sangat kita kenal.

s 116

Ternyata buah pir adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan yang mampu memberikan dampak yang positif untuk tubuh baik dalam hal perawatan ataupun penyembuhan dari banyak penyakit.

Apa saja kandungan yang dimiliki buah pir dan efek apa yang diberikan buah pir jika kita mengkonsumsinya? Berikut ulasan tentang khasiat buah pir yang kami lansir dari beberapa media.

  1. Buah pir berguna untuk kesehatan kulit

Punya masalah pada kulit? Kulit kering, kasar, kusam atau berminyak? Ternyata dengan mengkonsumsi buah pir, permasalahan kulit yang kita hadapi dapat terselesaikan. Hal ini terjadi karena buah pir yang selain memiliki rasa manis, renyah, dan mengandung banyak air ini juga memiliki kandungan lain yang berguna untuk tubuh.

Seperti misalnya kandungan mineral, vitamin C dan K yang berguna untuk menangkal radikal bebas atau keriput pada kulit sebagai tanda dari penuaan kulit.

Selain itu, kandungan mineral yang banyak pada buah pir ternyata juga mampu memberikan perlindungan kepada kulit dari dalam sehingga dapat mengendalikan minyak yang keluar dari kulit dan yang juga diyakini dapat menghilangkan jerawat yang terkadang membuat banyak orang jengkel karena kehadirannya.

Sedangkan untuk menghilangkan kadar minyak pada kulit, biasanya buah pir dihaluskan dan dicampur dengan krim segar serta madu lalu di oleskan di kulit yang berkadar minyak lebih sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

  1. Kesehatan rambut

Selain mengandung mineral, buah pir juga mengandung Sorbitol dan Glucitol  yang mampu memberikan nutrisi kepada kulit kepala dan setiap helai rambutnya. Jika kita ingin membuat masker rambut, buah pir juga bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker rambut hanya saja perlu dicampur dengan cuka apel dan air.

Masker yang sudah jadi dapat digunakan untuk merawat rambut, mengatasi rambut kusut, serta mengembalikan kilau hitam alami rambut. Dan jika daging buah pir yang sudah halus dicampur dengan minyak kedelai, maka buah pir ini dapat dijadikan sebagai bahan creambath untuk merawat rambut yang ikal.

  1. Kesehatan alat pencernaan

Jika kita mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya, mengkonsumsi buah pir adalah salah satu alternatif yang dapat kita gunakan. Karena buah pir dapat menenangkan saluran pencernaan yang teriritasi.

Selain itu, kandungan Pektin pada buah pir yang lebih tinggi dari buah apel juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dan menyerap lemak yang ada di usus sebelum masuk ke peredaran darah.

Tapi tentu saja tidak hanya kandungan Pektin yang berada didalam buah pir. Karena setelah di teliti, buah pir juga mengandung banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, Kalsium, mineral, magnesium, kalium, dan tembaga, yang dengan kandungan ini buah pir diyakini dapat menjadi bahan utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Bahkan banyak dari peneliti yang menyakini bahwa buah pir juga dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer jika kita mengkonsumsi langsung dengan kulitnya. Dan karena juga mengandung mineral yang bernama Boron, buah pir juga diyakini dapat menyembuhkan atau mencegah datangnya penyakit Osteoporosis.

  1. Manfaat lainnya

Selain banyak manfaat yang telah di tuliskan diatas, ternyata masih banyak juga manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi buah pir secara rutin.

Seperti misalnya mencegah penyakit kanker karena kandungan vitamin C nya yang tinggi, mampu meredakan penyakit demam karena mengandung banyak mineral dan mencegah peradangan yang biasa terjadi didalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pir yang disebut Glutathione juga diyakini dapat mencegah penyakit stroke dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa dari banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi buah pir secara rutin. Mungkin tidak banyak yang tahu akan khasiat dari buah pir atau juga mungkin karena pamornya yang kurang jika dibandingkan dengan buah apel dan jeruk yang menjadikan tidak banyak orang Indonesia yang mengkonsumsi buah pir secara rutin.

Baca Artikel Lainnya :

Namun dari artikel ini setidaknya kita mengetahui bahwa buah pir adalah buah yang tidak kalah bermanfaatnya dibandingkan buah apel dan jeruk. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *