Rajin minum susu bisa membuat anda menjadi gemuk! Benarkah?

Rajin minum susu bisa membuat anda menjadi gemuk! Benarkah? – Saat kecil kita sering diajarkan menerapkan pola makan sehat yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Salah satu terapan pola makan sehat disini yaitu dengan minum susu. Hal ini mengajarkan kita untuk meminum susu dengan rajin dan teratur.

qw

Namun, setelah kita menanjak dewasa seringkali kita malas untuk meminum susu. Salah satu faktor yang menjadikan kita malas meminum susu karena mengetahui kandungan yang dimiliki oleh susu dan dampak buruknya, apalagi untuk orang-orang yang ingin diet karena susu memiliki kandungan lemak.

Susu yang beredar di pasaran biasanya merupakan susu olahan. Para pedagang memilih susu ini karena susu ini awet jika disimpan dalam kurun waktu yang lama.

Jenis –jenis susu olahan seperti susu bubuk, susu formula, susu UHT, dan susu full cream. Beberapa orang masih berpikiran bahwa susu menyebabkan gemuk, tetapi apakah hal ini benar? Mari kita terka sama – sama masalah ini.

  • Menurut dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sebenarnya susu tidak membuat seseorang gemuk. Sebelum membeli susu, cobalah untuk melihat kandungan yang ada pada susu. Pilihlah susu yang rendah lemak dan jangan memilih susu full cream karena memiliki kadar lemak yang tinggi.
  • Kandungan kalori yang dimiliki oleh susu sebenarnya hanya sedikit. Namun, gizi – gizi yang terdapat pada susu sangat banyak. Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia, kandungan gizi tersebut ternyata dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan.
  • Rata – rata orang memakan kalori sebanyak 1500 – 2000 kalori per hari. Sedangkan kandungan kalori yang terdapat pada susu hanya sekitar 60 kalori. Statement ini dikemukakan di grup facebook Gerakan Sadar Gizi. Untuk itu kandungan susu sebenarnya tidak akan membuat anda gemuk.
  • University of North Carolina juga menyebutkan bahwa kadar kalsium yang dikonsumsi ternyata mempengaruhi tumbuhnya sel lemak. Penelitan juga menunjukkan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan resiko obesitas. Hal ini dikarenakan tubuh yang kekurangan kalsium akan diprogram menjadi sel lemak bukan sel pembentuk tulang.

Baca Artikel Lainnya :

Jadi jangan takut untuk meminum susu lagi ya guys. Susu sebenarnya lebih banyak manfaatnya untuk tubuh kita.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *