Ranu Kumbolo, Surganya Pendaki Gunung Semeru

Ranu Kumbolo, Surganya Pendaki Gunung Semeru – Ranu Kumbolo adalah danau yang berada di kaki Gunung Semeru. Tempat ini menjadi banyak sasaran incaran para pendaki gunung yang hendak ingin beristirahat setelah mendaki.

Untitled

Pemandangan danau yang dikelilingi oleh bukit dan pegunungan membuat anda terlena akan indahnya. Gunung Semeru mulai dikenal oleh banyak orang sejak adanya film “5 CM” yang menceritakan tentang sekelompok kawanan sahabat yang bertujuan untuk berkemah dan menginap.

Akses jalannya dapat ditempuh dengan berbagai angkutan umum. Kemudian bila sudah sesampainya disana anda dapat meminjam mobil Jeep dari penduduk disekitar. Ketika anda sudah memantapkan perjalanan anda ke Ranu Kumbolo tentunya ada banyak hal yang harus ada persiapkan. Kekuatan dan kesehatan fisik yang prima juga pembekalan yang lengkap menjadi modal utama dalam mendaki.

Tipsnya adalah ketika anda ingin pergi mendaki hendaknya ditentukan dari jauh-jauh hari, jadi anda bisa melakukan latihan kegiatan fisik seperti lari pagi dan gym. Latihan seperti ini cukup membantu anda dalam meningkatkan keseimbangan tubuh, sehingga ketika sudah tiba harinya, kondisi anda pun tetap bugar dan prima.

Setelah latihan pemanasan selama seminggu, anda juga harus memperhatikan barang-barang yang akan anda bawa. Peralatan tersebut adalah yang akan nanti anda bawa pada saat mendaki. Diantaranya adalah jaket/mantel, sarung tangan dan kaos kaki, penutup telinga dan kepala, masker, tenda, sleeping bag untuk kenyamanan tidur dan air minum. Air minum merupakan hal utama yang harus anda bawa secukupnya, karena mendaki akan membuat anda dehidrasi.

Panjangnya perjalanan sekitar 5-7 jam, jadi anda harus mempersiapkan fisik sebaik-baiknya. Didalam perjalanan nantinya anda akan menemukan 4 tempat peristirahatan. Ketika anda sudah sampai di Ranu Kumbolo, anda akan bergabung dan saling mengenal dengan para pendaki lainnya.

Anda akan disuguhi langit cerah dan bintang bertebaran pada saat malam hari. Matahari pagi juga akan menyambut anda dibalik pegunungan, jadi bila anda ingin menyaksikan mentari terbit hendaknya bangun lebih awal agar tidak kesiangan. Anda tidak boleh melewatkan moment terbaik ini.

Ranu Kumbolo yang menyuguhkan pemandangan indah, ternyata airnya sangat bersih dan jernih. Jadi bisa kita konsumsi. Karena bisa diminum, kita hendaknya menjaga dan tidak mencemarkan airnya. Untuk anda yang akan tinggal lama, hendaknya membawa jaket/mantel yang tebal, karena di malam hari suhunya benar-benar sangat dingin dan bawalah beberapa selimut. Ketika hendak pulang, sebaiknya kita menjaga kebersihan dengan tidak membuang atau meninggalkan sampah sembarangan.

Artikel Lainnya :

Benar-benar surga, bukan? Pemandangannya, alamnya, airnya, dan langitnya terlihat dan terasa begitu indah apalagi bila datang bersama sahabat. Jadi cobalah mendaki Semeru dan temukan surga kecil yang akan membuat kesan tak terlupakan bagi anda.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *