Raspberry, Komputer Mini Harga Mini

Raspberry, Komputer Mini Harga Mini – Raspberry Pi adalah sebuah Single Board Circuit (komputer papan tunggal) yang ukurannya hanya sebesar kartu ATM. Akan tetapi dengan ukuran sekecil itu Raspberry Pi mampu melakukan pekerjaan seperti mejalankan MS Word, Exel, atau Power Point, bermain game, dan dapat menjadi media player.

Raspberry diciptakan untuk mencetak generasi baru programer yang pada tahun tahun 2006 jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer dan menurun. Pada tahun 2009 beberapa orang yang tergabung dalam yayasan Raspberry Pi menciptakan komputer mini ini.

Tiga tahun setelah penciptaanya, Raspberry Pi masuk proses produksi untuk segera dipasarkan. Dalam launching perdananya pada tahun 2012 perangkat komputer mini ini berhasil terjual 100.000 unit dan sampai sekarang Raspberry telah menjual perangkatnya sebanyak 2.5juta unit keseluruh penjuru dunia.

Raspberry Pi muncul dalam dua model yaitu model A dan model B. Yang membedakan keduanya yaitu pada sisi memory RAM. Raspberry Pi Model B dibekali RAM 512MB dan Model A dibekali RAM 256 MB. Selain itu pada model B  sudah dilengkapai dengan kartu jaringan.

Media penyimpanan tidak didesain menggunakan Hard Disk Internal atau sejenisnya akan tetapi menggunakan  SD card. Raspberry Pi adalah komputer mini dengan harga yang mini pula. Untuk model A dibanderol dengan harga hanya 25$  dan 35 $ utuk Model B.

Raspberry Pi dijalankan dengan menggunakan sistem operasi berbasis Linux, dan untuk mengoperasikannya pengguna dapat menghubungkannya ke layar monitor dan mengkoneksikan keyboard dan mouse dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel.

Saat ini, pihak Raspberry Pi sedang berkonsentrasi memproduksi untuk Model B dikarenakan permintaan pasar untuk model ini sangat banyak. Untuk spesifikasinya, Raspberry Pi model B akan menanamkan prosesor dari Broadcom BCM2835 700MHz ARM11, memori RAM 256 MB, slot SD Card, port USB, LAN, HDMI, dan jack audio.

Baca Juga :

Menurut info terbaru dari akun twitter Raspberry sendiri, kini pihak pengembang sedang mengembangkan Raspberry Pi 2 yang tetap mengusung desain mininya, akan tetapi dengan spesifikasi dan fitur yang lebih baik.

Menurut beberapa sumber, Raspberry Pi 2 sudah didukung sistem operasi Windows 10 dengan processor quadcore yang lebih canggih daripada seri sebelumnya. Selain itu, pada seri ke 2 ini, ditanamkan juga memory RAM dengan kapasitas 1 GB. Dengan spesifikasi yang lebih baik seperti ini. Kemampuan kinerja Raspberry Pi 2 juga akan lebih baik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *