Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda

Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yang dikenal memiliki penduduk terpadat di Pulau Kalimantan. Selain itu, Samarinda juga dikenal dengan kerajinan kain tenunnya yang sangat khas bermotif kotak-kotak beraneka warna. Tak hanya itu saja, ada juga berbagai tempat wisata rekomendasi yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke sana, antara lain:

fi 70

Masjid Islamic Center Samarinda

Tempat wisata religi yang satu ini memiliki arsitektur yang sangat unik ala Turki dan sangat islami. Kubahnya besar dan bermotif, menara utamanya setinggi 99 meter melambangkan asmaul husna, 6 menara lainnya melambangkan rukun iman.

Air Terjun Tanah Merah

Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara. Air Terjun Tanah Merah memiliki ketinggian 15 meter dengan aliran air yang sangat jernih dan bersih. Tapi uniknya, air di bagian bawah dari tempat ini berubah menjadi keruh dan agak kemerahan karena tanahnya gambut.

Kebun Raya Unmul Samarinda

Lokasi wisata yang satu ini merupakan hutan pendidikan yang dikelola dan dimiliki oleh Universitas Mulawaman. Di sana, Anda bisa mengelilingi danau besar dengan menyewa sepeda air, berkeliling kebun raya dengan andong dan melihat-lihat aneka jenis kayu, tanaman dan binatang yang ada di dalamnya.

Telaga Permai Batu Besaung

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam di kawasan hijau sambil berkemah, Telaga Permai Batu Besaung adalah tempat yang tepat karena di sana menawarkan pemandangan alam yang indah, air terjun dan sungai yang menyegarkan mata.

Pulau Kumala

Tempat ini merupakan sebuah pulau yang berasal dari endapan lumpur sungai, bentuknya menyerupai perahu yang terbalik dan lokasinya ada di tengah Sungai Mahakam. Tempat ini menyajikan keunikan budaya khas Kalimantan serta hiburan seperti sky tower, kereta gantung hingga komedi putar.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat ini menawarkan pengalaman rekreasi dan fasilitas liburan yang menyenangkan, seperti camping ground, kolam renang, kolam pancing, arena bermain anak dan lain-lain.

Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun di sana tidak terlalu deras, sangat aman bagi anak-anak dan seluruh keluarga. Ada juga danau buatan yang bisa dikelilingi serta kolam mancing dan gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai menikmati alam.

Kampung Tenun Samarinda

Kampung Masjid dan Kampung Baqa merupakan pusat kerajinan kain tenun khas Samarinda. Di sana, Anda bisa melihat proses pembuatan tenun secara tradisional.

Pulau Beras Basah

Tempat ini cukup jauh dari pusat kota, namun keindahan pantai pasir putih dan jernihnya air laut sanggup membayar rasa lelah perjalanan yang sudah Anda lewati.

Desa Budaya Pampang

Tempat ini merupakan lokasi wisata yang sangat pas bila Anda ingin mempelajari budaya setempat. Desa Budaya Pampang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah dan menampilkan rumah adat Dayak, pertunjukan seni, souvenir hingga kerajinan khas daerah setempat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *