Reproduksi yang Baik untuk Tumbuhan Paku

aReproduksi yang Baik untuk Tumbuhan PakuApakah anda mengetahui tumbuhan paku? Ini pasti biasa ada di tempat-tempat yang menjual tanaman di beberapa tempat. Tumbuhan ini biasa dijadikan sebagai sebuah pajangan di beberapa tempat karena ini hampir sama seperti tanaman hias. Tapi tahukah anda bahwa tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang unik karena memiliki pergiliran keturunan yang berbeda dengan tumbuhan lain pada umumnya. Tumbuhan ini memang memiliki akar, daun dan batang yang sempurna. Namun yang membedakan tumbuhan ini dengan tumbuhan lainnya adalah kantong spora.

Ciri-ciri tumbuhan paku

Setiap tumbuhan pastinya memiliki ciri-ciri yang berbeda, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mempelajari ciri-ciri ini agar lebih mengetahui mengenai tumbuhan ini. Berikut ini adalah ciri-ciri tumbuhan paku antara lain:

  • Memiliki akar, batang dan daun yang sempurna.
  • Batang dari tumbuhan ini berpembuluh.
  • Terdapat pembuluh angkut pada akar dan daun.
  • Tumbuhan paku dapat hidup di darat atau di perairan.
  • Sudah memiliki klorofil untuk fotosintesis.
  • Bereproduksi dengan cara aseksual.

Setelah mengetahui mengenai tumbuhan paku pastinya anda akan ingin lebih mengetahui mengenai proses apa saja yang sebenarnya ada pada tumbuhan paku. Satu hal yang paling menarik dari tumbuhan paku adalah cara mereka bereproduksi yang sangat berbeda dengan tumbuhan lainnya karena menggunakan cara metagenesis. Untuk dapat bereproduksi dengan baik maka anda bisa mempelajari apa yang ada pada reproduksi tumbuhan ini.

Reproduksi tumbuhan paku

Pada tumbuhan paku, anda bisa melihat satu hal yang unik yaitu terdapat kotak-kotak spora pada bagian bawah tumbuhan ini. Jadi jika anda melihat tumbuhan ini akan ada terasa kotak-kotak yang berada di bawah daun tepatnya. Kotak ini akan berfungsi sebagai alat reproduksi mereka. Reproduksinya sendiri disebut dengan metagenesis karena memiliki pergiliran keturunan yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Pergiliran ini juga akan berbeda-beda tergantung dari jenis tumbuhan ini.

Ada beberapa jenis tumbuhan paku yang memiliki reproduksi berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis tumbuhan paku dan juga cara reproduksinya antara lain:

  1. Tumbuhan Paku Homospor, tidak ada perbedaan antara spora betina dan spora jantan.
  2. Tumbuhan paku heterospor, pada tanaman ini spora jantan akan lebih kecil dibanding dengan spora betina.
  3. Tumbuhan paku peralihan, ukuran spora antara betina dan jantan selalu sama.

Pada reproduksi tanaman paku, akan ada beberapa tahapan yang bisa kita pelajari. Pada awalnya tumbuhan ini pasti akan dimulai reproduksinya dari tahap Spora yang akan mengalami metagenesis sampai pada akhirnya nanti di akhir akan menghasilkan tanaman paku yang baru lagi setelah beberapa saat. Ini merupakan proses reproduksi yang menggunakan spora sebagai salah satu alat reproduksinya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Reproduksi yang Baik untuk Tumbuhan Paku

  1. Pingback: Ciri-ciri dan Klasifikasi Echinodermata | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *