Resep dan Cara Buat Getuk Pisang

Resep dan Cara Buat Getuk Pisang – Getuk merupakan makanan tradisional berbahan dasar singkong yang tumbuk dan dihaluskan kemudian dicampur dengan gula merah dan di bentuk atau dicetak.

Makanan tradisional khas pulau jawa ini memang cukup di favoritkan oleh sebagian besar masyarakat kadang dikonsumsi untuk sarapan, bahkan cemilan.

Untitled

Getuk beragam variasinya mulai dari getuk tumbuk, getuk cetak hingga getuk pisang. Getuk yang diolah dengan campuran gula merah memang sudah umum, namun berbeda dengan getuk pisang asal kediri.

Getuk pisang manis khas kota tersebut di provinsi jawa timur merupakan makanan yang unik dimana terdapat pisang didalam pembuatan kue pisang.

Untuk mengetahui resep dan cara buat getuk pisang, kali ini akan disajikan beberaoa perlengkapan apa saja yang dibutuhkan agar membuat getuk pisang menjadi lebih enak dan lezat.

Getuk pisang dapat dijadikan sebagai cemilan santai yang sangat patut untuk kita coba. Inilah cara dan resepnya :

Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat getuk pisang ini tentunya buah pisang kepok 1 kilogram, kemudian gula pasir 500 gram, garam secukupnya, dan tidak lupa daun pisang untuk membungkus adonannya tadi serta lidi yang sudah dipotong lancip untuk mengikat daun pisang secukupnya. jangan lupa menyiapkan panci untuk mengukus yang berukuran kurang lebih 40cm.

Cara membuatnya

Pertama-tama kukus terlebih dahulu pisang kepok hingga matang seutuhnya tentunya setelah dipisahkan kulit pisangnya terlebih dulu. pisang setelah di kukus dan matang kemudian dicampur dengan gula pasir dan garam dan dihaluskan.

Pastikan bahan tercampur rata, bila perlu ditumbuk halus agar benar-benar tercampur sempurna seluruh bahan tersebut. setelah bercampur rata padatkan adonan dan dibentuk sesuai selera sambil didinginkan dengan udara sekitar.

Setelah agak dingin masukan adonan tersebut yang sudah dibentuk dan masukkan kedalam satu lembar daun pisang secukupnya kemudian lipat dan kunci dengan lidi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Artikel Lainnya :

Gulung daun pisang yang ada adonan tersebut dan kukus dalam panci selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Ciri-ciri matangnya adalah ketika sudah agak kenyal , maka baru dapat disajikan dengan piring dan hiasannya jika diperlukan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *