Resep dan Cara Membuat Bolu Muffin dari Tape Singkong

Resep dan Cara Membuat Bolu Muffin dari Tape Singkong – Tape adalah salah satu makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Makanan yang berasal dari daerah Sunda ini memiliki rasa yang manis dan asam sehingga menjadikan rasanya yang unik.

Untitled

Tape sangat nikmat jika disantap langsung maupun dijadikan sebagai bahan pembuat makanan. Biasanya tape dijadikan sebagai gorengan yang dijadikan sebagai teman minum teh saat santai bersama keluarga di sore hari.

Penikmat tape biasanya orang tua namun kita bisa jadikan tape tersebut menjadi cemilan yang berbentuk unik dan menarik sehingga anak- anak juga menyukainya. Jadi tidak perlu repot membuat cemilan yang dipisah karena semua keluarga dapat menikmatinya bersama. Resep kue yang akan dibagikan pada kali ini yaitu cara membuat kue bolu muffin dari tape.

Bahan- bahan yang harus disiapkan berupa 400 gr tape singkong, 200 ml santan kelapa kental, 8 butir telur, 225 gr gula pasir, 200 gr tepung terigu, 50 ml minyak goreng, 1 sendok makan emulsifier, potongan buah ceri, dan 50 gram keju. Langkah awal pembuatannya ialah dengan menghancurkan tape kedalam wadah dengahn cara menghaluskannnya dengan menggunakan sendok dan tambahkan santan lalu aduk hingga merata dan sisihkan.

Disisi lain siapkan wadah lalu masukan telur, sedikit garam, emulsifier, dan gula pasir kemudian kocok hingga adonan mulai mengembang.saat pengocokan sebaiknya kecepatan mixer berada pada tingkat yang sedang atau tinggi namun konsisten (tidak berubah- ubah).

Masukan tepung terigu kedalam adonan sambil diayak secara perlahah lalu aduk kembali adonan tersebut hingga semua tercampur. Setelah selesai, masukan tape yang telah dikocok bersama santan dan aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Terakhir, masukan minyak goreng kedalam adonan kue secara perlahan sambil diaduk hingga merata. Penambahan minyak goreng tersebut dimaksudkan agar semua adonan menyatu sehingga apabila nanti dipanggang adonan tidak ada yang menempel pada wadah atau loyang kue.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah semua adonan siap, masukan adonan kue kedalam cetakan kue muffin yang telah dilapisi kertas kue cetakan muffin. Tuangkan secara merata dan sama tingginya setiap cetakan dan jangan terlalu penuh. Setelah selesai masukan kedalam oven dan panggang hingga 30 menit. Angkat kue dan taburi dengan parutan keju diatasnya.

Jumlah kue yang didapat tergantung pada ukuran cetakan. Jika menginginkan penampilan kue yang lebih menarik taruh potongan ceri- ceri kecil dan taruh diatas keju pada kue tersebut. Kue bolu muffin keju siap dihidangkan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *